Kompas TV regional peristiwa

Mengenang Kelamnya Aksi Rusuh Solo Mei 1998 saat Toko Dijarah dan Dibakar: Saya Merinding dan Takut

Sabtu, 15 Mei 2021 | 21:50 WIB
mengenang-kelamnya-aksi-rusuh-solo-mei-1998-saat-toko-dijarah-dan-dibakar-saya-merinding-dan-takut
Warga sekitar sekaligus saksi mata kejadian kerusuhan 1998, Suhatmi (57) menunjukan lokasi aksi kericuhan saat ditemui TribunSolo.com (15/5/2021). (Sumber: Tribun Solo)

SOLO, KOMPAS.TV- Tepat hari ini 15 Mei pada tahun 1998 lalu, Kota Solo mencatatkan sejarah kelam dengan terjadinya kerusuhan massa.

Berlangsung sejak 14 Mei 1998, kerusuhan pecah kala itu bersamaan dengan reformasi yang digaungkan para mahasiswa dan lengsernya Presiden Soeharto.

Sejumlah pertokoan di Kota Solo menjadi sasaran amuk masa dan penjarahan. Misalnya, rumah-rumah dan pertokoan di timur Jalan Slamet Riyadi, khususnya di Jalan Dr Radjiman Solo. Tidak hanya harta, sejumlah nyawa pun melayang sebagai akibat peristiwa kelam tersebut.

Peristiwa tersebut hingga kini masih mengkristal dalam memori warga setempat, termasuk Suhatmi.

Seorang penjual angkringan yang kala itu menyaksikan dengan mata kepala sendiri rentetan kejadiannya.

Baca Juga: Menolak Lupa, Daftar Catatan Kelam Tragedi Mei 1998

“Dulu saya masih jualan tengkleng kambing. Sekarang hanya wedangan dan persis di sini, di depan tempat kejadian kerusuhan,” kata Suhatmi sembari menunjuk lokasi toko dibakar dan dijarah tepat berada di seberang jalan dirinya berjualan, Sabtu (15/5/2021).

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:14
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI