Kompas TV regional sosial

Pemprov DKI Akan Lakukan Tes Acak Covid-19 saat Periode Larangan Mudik Berakhir

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 13:56 WIB
pemprov-dki-akan-lakukan-tes-acak-covid-19-saat-periode-larangan-mudik-berakhir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Petugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan lakukan tes acak Covid-19 di pintu-pintu perbatasan wilayah dengan sasaran utama pemudik yang datang pada masa arus balik atau setelah larangan mudik berakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menggelar rapat bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya terkait pengendalian mudik Lebaran.

"Pertama adalah melakukan screening di pintu-pintu masuk menuju Jakarta-Jabodetabek," kata Anies, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: Rapid Tes Acak di Pos Penyekatan Medan Tuntungan, Satu Penumpang Bus Dinyatakan Reaktif Covid-19

Anies menjelaskan sasaran utama tes acak diperuntukkan bagi pelaku perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sementara pelaku perjalanan dengan transportasi umum, seperti kereta atau pesawat akan langsung dicek oleh petugas sebelum keberangkatan.

Tes acak dilakukan guna mencegah dan menekan potensi lonjakan kasus Covid-19 usai libur lebaran. Pasalnya, Anies berkaca pada dampak libur panjang yang kerap membuat kenaikan kasus Covid-19 terjadi di wilayah pimpinannya.

"Pemantauan juga akan dilakukan di setiap kelurahan. Nantinya, petugas RT/RW, lurah, maupun camat akan mengawasi dan menyisir warganya yang diketahui baru tiba atau pulang dari perjalanan mudik," tambahnya.

Baca Juga: Epidemiolog UGM Sebut Tes Acak Pemudik Tak Bisa Jadi Rujukan Kasus Covid-19, Ini Alasannya

Adapun pemantauan tersebut akan dilakukan menggunakan aplikasi khusus. Anies memaparkan, nantinya ketua RT/RW di DKI akan dibekali aplikasi khusus untuk menyampaikan laporan terkait warganya yang mudik. Laporan tersebut dilakukan dua kali dalam sehari.

"Jadi ini dua lapis untuk screening. Satu sebelum masuk dan kedua kita sudah sampai di tempat tinggal. Ini semua dikerjakan untuk mencegah terjadinya peristiwa seperti awal Januari awal Februari karena saat ini di Jakarta kita secara umum situasinya termasuk yang paling rendah," pungkasnya.

Baca Juga: Tidak Mudik, Nakes di Banjarmasin Ini Silaturahmi Pakai Video Call



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.