Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan, Aktivitas Masyarakat Selama Libur Lebaran Harus Sesuai Prokes

Kamis, 13 Mei 2021 | 14:58 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dalam apel gelar pasukan, rabu petang (12/5/2021), sebanyak lebih dari 900 personel gabungan dari Tni-Polri, Satpol PP, Damkar hingga komunitas turut serta dalam rangka pengamanan malam lebaran dan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah di Kota Banjarmasin.

Namun tahun ini tidak hanya memastikan keamanan dan ketertiban, petugas juga berfokus dalam penerapan PPKM Mikro saat lebaran.

Diantaranya peniadaan kegiatan takbir keliling dan kegiatan lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

Baca Juga: Geger! Pemilik Bengkel Curiga Dibayar dengan Uang Palsu, Mengaku Bukan Kali Pertama.

Pj Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen, menyebut sepanjang Ramadan, Pemerintah Kota Banjarmasin telah mengeluarkan berbagai kebijakan guna menekan pertambahan kasus covid-19.

Diantaranya menutup sementara sejumlah fasilitas umum dan tempat yang memungkinkan banyak dikunjungi massa.

“Terkait covid-19 ini adalah satu PPKM mikro oleh satgas covid sendiri dan regulasi yang sebagian memang dikeluarkan pemerintah pusat, forkopimda juga keluarkan edaran tentang penutupan sementara tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ucapnya.

Baca Juga: Antisipasi Ketiadaan Pendonor Saat Lebaran, UDD PMI Banjarmasin Siapkan Stok Darah Khusus

Sementara, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan bahkan menyebut akan membuat Kota Banjarmasin dalam empat hari terhitung mulai 13 mei akan menjadi seolah sunyi.

“Saya berupaya 4 hari ke depan dari tanggal 13 sampai tanggal 16 itu kita terapkan dan kita membuat itu seolah-olah sunyi,: tegas Kombes Pol Rachmat Hendrawan.

Teknisnya, petugas gabungan juga akan melakukan patroli yustisi untuk melakukan tindakan penegakan protokol kesehatan dengan mengedepankan cara persuasif dan humanis.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:28
LIONEL MESSI KHAWATIR TERTULAR COVID-19 JELANG LAGA PERDANA ARGENTINA DI COPA AMERICA 2021 MELAWAN CHILE   KEMENKO PMK: PEMBANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA DI NTB SETELAH DIGUNCANG GEMPA PADA JULI 2018 ALAMI KETERLAMBATAN   KEMENDAGRI GRATISKAN AKSES VERIFIKASI DATA PENDUDUK KE SEJUMLAH LEMBAGA SELAMA 6 TAHUN TERAKHIR   WASKITA DAN TERREGRA TEKEN KONTRAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO BATANG TORU SENILAI RP 377 M   PENDAFTARAN PPDB 2021 UNTUK SMA DAN SMK DI RIAU DIUNDUR KARENA ADANYA KENDALA TEKNIS YANG PERLU DISELESAIKAN   OMBUDSMAN JAKARTA: KETIDAKMAMPUAN "PROVIDER" JADI KENDALA DALAM PPDB DKI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.972 ORANG: 4.163 SEMBUH, 206 MENINGGAL DUNIA, 603 DALAM PERAWATAN   PERMENKES 18/2021: PENGGUNAAN JENIS VAKSIN COVID-19 DALAM PROGRAM PEMERINTAH DAN GOTONG ROYONG BOLEH SAMA   DINKES KALIMANTAN BARAT: KETERISIAN TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI KALBAR MENCAPAI 62%   PEMKAB KUDUS TERAPKAN KEBIJAKAN 5 HARI DIAM DI RUMAH DALAM SEPEKAN GUNA MEMUTUS PENULARAN COVID-19   POSITIF COVID-19 DAN ISOLASI MANDIRI, WALI KOTA SALATIGA YULIANTO BEKERJA DARI RUMAH DINAS   JUMLAH PASIEN COVID-19 DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TEMBUS 5.000 ORANG   SEBANYAK 3.673 PASIEN COVID-19 MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI 44 HOTEL WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA   PRESIDEN JOKOWI BERI TARGET KE GUBERNUR DKI UNTUK WUJUDKAN "HERD IMMUNITY" DI JAKARTA HINGGA AGUSTUS 2021