Kompas TV nasional agama

Arti 'Minal Aidin Wal Faizin' yang Sering Diucapkan Saat Lebaran

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 09:53 WIB
arti-minal-aidin-wal-faizin-yang-sering-diucapkan-saat-lebaran
Ilustrasi Lebaran Idulfitri 2021. (Sumber: Tribun Ramadan)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri di kalangan masyarakat Indonesia, erat kaitannya dengan ucapan 'Minal aidin wal faizin'.

Beserta ungkapan pelengkapnya, yaitu 'Mohon maaf lahir dan batin', yang digunakan oleh banyak kalangan untuk saling memaafkan satu sama lain.

Namun, antara kedua ungkapan tersebut, apakah ada hubungan yang kemudian menjadikannya sebagai ucapan khas Lebaran hingga saat ini?

Baca Juga: Ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Wadubes Amerika Serikat Heather Variava

Melansir dari Kompas.com, Kamis (!3/5/2021), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta, Syamsul menjelaskan bahwa ucapan 'minal aidin wal faizin' merupakan potongan dari sebuah doa.

"Sebenarnya itu potongan (doa), lengkapnya 'Ja'alanallah minal aidin wal faizin.," kata pengasuh Ponpes Darul Afkar Klaten tersebut.

Arti dari ungkapan doa itu, disebutkan Syamsul, adalah 'Semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan'.

Baca Juga: 10 Kata-Kata Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2021, Cocok untuk Kirim ke Teman dan Status Medsos

"Maksudnya kembali ini yaitu kembali kepada fitrah, kesucian, karena dosa selama Ramadhan dihapuskan," jelasnya.

Meski begitu, menurut Syamsul, masyarakat Indonesia masih sering salah kaprah dengan menghubungkannya bahkan mengartikannya sebagai mohon maaf lahir dan batin.

"Kadang orang memahaminya dengan makna mohon maaf lahir batin, padahal itu sebenarnya doa yang dipotong," ujar Syamsul.

Baca Juga: 4 Peristiwa Ledakan Petasan Jelang Lebaran idul Fitri 2021

Pada umumnya, Syamsul menambahkan, umat Islam di dunia lebih sering menggunakan ungkapan 'Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim'.

Ungkapan yang telah ada sejak zaman sahabat Nabi Muhammad SAW itu memiliki maksud untuk mendoakan sesama umat Islam agar puasanya di bulan Ramadan diterima oleh-Nya.

Oleh karena itu, banyak orang di Indonesia kemudian menggabungkan dua ungkapan itu menjadi 'Taqabbalallahu minna wa minkum minal wa ja'alanallah minal aidin wal faizin'.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x