Kompas TV internasional kompas dunia

Kembalinya Tradisi Idul Fitri di Arab Saudi yang Beragam Tahun Ini

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 09:47 WIB
kembalinya-tradisi-idul-fitri-di-arab-saudi-yang-beragam-tahun-ini
Idul Fitri tahun lalu di Arab Saudi dibatasi pada perayaan kecil di rumah karena jam malam 24 jam yang diberlakukan di seluruh Kerajaan selama liburan lima hari untuk menghadang Covid-19. Namun, situasinya berubah tahun ini, karena orang-orang menjadi lebih tenang dan bersemangat untuk merayakan idul fitri bersama keluarga mereka, seperti dilansir Arab News, Kamis, (13/05/2021) (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

KHAFJI, JEDDAH, MAKKAH, KOMPAS.TV - Idul Fitri tahun lalu di Arab Saudi dibatasi pada perayaan kecil di rumah karena jam malam 24 jam diberlakukan di seluruh Kerajaan selama liburan lima hari selama pandemi Covid-19. Situasinya berubah tahun ini. Orang-orang menjadi lebih tenang dan bersemangat untuk merayakan idul fitri bersama keluarga mereka, seperti dilansir Arab News, Kamis, (13/05/2021)

Setelah sebulan berpuasa Ramadan dan beribadah sebulan penuh, di Arab Saudi warga bersiap menyambut Idul Fitri dengan sholat subuh bersama tetangga dan makan pagi bersama keluarga terdekat.

Pesta hijazi, misalnya, selalu penuh dengan hidangan tradisional manis dan gurih seperti ta'ateemah, dibyaza, ma'asoup, dan roti fatoot.

Semua hidangan ini terkenal di wilayah Hijaz, di mana biasanya disajikan oleh nenek, untuk memastikan seluruh keluarga berkumpul di hari pertama.

Haneen Fahad, seorang ibu berusia 40-an, mengatakan sholat Idul Fitri sangat diutamakan oleh orang Saudi karena ini adalah pertemuan sosial pertama, di mana mereka bertemu dan menyapa orang-orang yang tinggal di sekitar mereka.

“Salah satu hal yang sangat saya kagumi adalah menyiapkan beberapa hadiah untuk anak-anak saya untuk dibagikan kepada anak-anak lain di masjid setelah sholat Idul Fitri,” katanya kepada Arab News.

Baca Juga: Kutuk Tindakan Israel di Yerusalem, Raja Salman Tegaskan Dukungan Arab Saudi Kepada Palestina

Idul Fitri tahun lalu di Arab Saudi dibatasi pada perayaan kecil di rumah karena jam malam 24 jam yang diberlakukan di seluruh Kerajaan selama liburan lima hari untuk menghadang Covid-19. Namun, situasinya berubah tahun ini, karena orang-orang menjadi lebih tenang dan bersemangat untuk merayakan idul fitri bersama keluarga mereka, seperti dilansir Arab News, Kamis, (13/05/2021) (Sumber: Arab News)

Haneen menambahkan tidak ada yang bisa dibandingkan dengan pengalaman batin yang mendebarkan di hari pertama. “Ada banyak kesenangan. Begitu seluruh keluarga berkumpul, banyak kegiatan dimulai, di mana saudara yang lebih tua mulai membagikan uang Eidiya kepada anak-anak dan orang dewasa, keluarga mulai bertukar hadiah, dan semua orang terlihat rapi, segar dan bahagia.”

Setelah pagi penuh dengan makanan, uang, hadiah, pakaian baru, dan cokelat mewah, warga Jeddah cenderung bangkit sebelum malam dengan apa yang dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai "tidur Idul Fitri."

Shatha Bukhari, seorang siswa di Dar Al-Hekmah, mengatakan kepada Arab News: "Setelah semua orang bangun sepanjang pagi hingga tengah hari, kota menjadi lebih tenang di sore hari karena semua orang menikmati Idul Fitri 'dengan tertidur' untuk mengisi ulang energi malam itu."

Warga Jeddah atau Jeddawi biasanya mengadakan pesta kedua di malam hari, menikmati makan malam barbekyu di rumah. Namun di hari kedua, mereka lebih memilih makan di resto yang bagus, kata Bukhari.

Baca Juga: Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri, Semoga Indonesia Bangkit dan Menang Lawan Covid-19

Pesta hijazi pada Idul Fitri di Arab Saudi selalu penuh dengan hidangan tradisional manis dan gurih seperti taateemah, dibyaza, maasoup, dan roti fatoot. (Sumber: Arab News)

Dari Barat ke Selatan

Di bagian selatan Kerajaan, tepatnya di wilayah Jazan, orang mulai mempersiapkan Idul Fitri dua minggu sebelumnya.

Nahla Zameem, seorang ibu empat anak yang memiliki rumah keluarga di kota Jazan, memberikan beberapa wawasan kepada Arab News tentang tradisi kaum Jazan. Dia mengatakan bagi warga Jazani, Idul Fitri lebih seperti pernikahan besar bagi orang-orangnya.

Kaum perempuan merayakan Idul Fitri dengan cara tradisional, menggunakan bunga melati, pewarna henna, dan mengenakan jalabiya tradisional sebagai cara untuk mengekspresikan kebahagiaan, keindahan, dan keanggunan.

Bunga melati dijadikan mahkota dan dililitkan di rambut, bahkan ada yang memilih kalung melati berukuran besar hingga sepanjang 1 meter.

Kaum perempuan di wilayah khusus meminta seniman henna untuk menghias lengan dan kaki mereka dengan tato temporer dengan pola yang berbeda.

Henna terkenal di dunia Muslim dan merupakan pewarna coklat kemerahan yang terbuat dari bubuk daun semak tropis, digunakan untuk mewarnai rambut dan menghiasi tubuh.

Daerah ini terkenal dengan masakan tradisionalnya yang terkenal kaya nutrisi, seperti semur, ikan, ghee, madu, acar dan lain-lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.