Kompas TV regional berita daerah

Kodam VI Mulawarman Kelola Lahan Pangan Strategis Nasional

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 03:40 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.TV - Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara ditetapkan menjadi salah satu kawasan program cadangan pangan strategis nasional dan menjadi lumbung pangan pertama di Provinsi Kalimantan Timur.
 
460 hektar luas lahan yang menjadi kawasan lumbung pangan di lokasi tersebut yang terdiri dari lahan pertanian berikut irigasi, peternakan sapi dan ikan serta lahan perkebunan sayur dan umbi-umbian.
 
Sebagian besar lahan tersebut merupakan lahan kosong dan dikerjakan dengan bersinergi antara pemerintah, kelompok tani bersama anggota TNI dari Kodim 0906 Tenggarong dan polres Kutai Kartanegara dengan binaan satuan teritorial Kodam VI Mulawarman.
 
Pangdam VI Mularwarman, Mayjen TNI Heri Wiranto yang meninjau lokasi tersebut menyebutkan, bahwa program tersebut sebagai upaya mengantisipasi terjadinya krisis pangan nasional di masa pandemi covid-19. Sekaligus memastikan, cadangan pangan akan terpenuhiM sehingga dampak dari wabah covid-19 tidak dirasakan oleh masyarakat.
 
Hal ini juga disambut baik gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang langsung mengunjungi lokasi dan melihat perkembangan program ketahanan pangan ditengah pandemi covid 19.
 
Lokasi yang dijadikan kawasan program cadangan pangan strategis nasional ini tidak hanya ada di Provinsi Kalimantan Timur, namun akan dikembangkan ke wilayah satuan Kodam VI Mulawarman, seperti di Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

#KetahananPangan#LumbungPangan#460HektarLahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x