Kompas TV religi beranda islami

Tingkatan Manusia Yang Bertaubat

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 22:14 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Baik disadari ataupun tidak, manusia ini besar-kecilnya tidak akan pernah lepas dari kesalahan, baik yang ia sengaja maupun yang tidak.

Dosa serta kemaksiatan selalu datang mengepung manusia, namun bukan berarti tak ada lagi pintu untuk memperbaiki diri, sebab pintu rahmat-Nya selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin bertaubat dan kembali lagi kepada-Nya.

Sebagaimana Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan,

Setiap anak Adam (manusia) berbuat kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah yang bertaubat. (HR At Tirmidzi no.2499, dihasankan Al Albani dalam shahih Al Jami Ash Shagir no.4391)

Melalui doa kita bisa membersihkan hati dari segala macam noda yang melumurinya. Sesuai dengan sabda beliau,

Sesungguhnya seorang mukmin bila berbuat dosa, maka akan (timbul) satu titik noda hitam di hatinya. Jika ia bertaubat, meninggalkan (perbuatan tersebut) dan memohon ampunan (kepada Allah), maka hatinya kembali bersih. Tetapi bila menambah (perbuatan dosa), maka bertambahlah noda hitam tersebut sampai memenuhi hatinya. Maka itulah ar raan (penutup hati) yang telah disebutkan Allah dalam firmanNya “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka. [Al Muthaffifin:14].

Kemudian adapula tingkatan bagi manusia yang mengaku telah bertaubat dari dunia ini.

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x