Kompas TV internasional kompas dunia

Balas Serangan Roket Palestina, Israel Gempur Gaza

Rabu, 12 Mei 2021 | 20:34 WIB

KOMPAS.TV - Israel pada hari Rabu (12/5/2021) meningkatkan serangannya di jalur Gaza.

Menargetkan gedung bertingkat tinggi, ketika roket militan Gaza dari Palestina menghujani hampir tanpa henti di beberapa bagian di Israel.

Bangunan berlantai sembilan ini merupakan apartemen hunian, kantor perusahaan produksi medis dan klinik gigi.

Serangan didahului oleh tembakan roket peringatan dari pesawat tak berawak.

Tak lama kemudian jet-jet Israel menghantam gedung itu lagi.

Bangunan itu rusak berat tetapi tidak ada kabar tentang korban jiwa.

Ini menandai pertempuran terberat terbesar antara Israel dan Palestina sejak 2014.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Selasa berjanji untuk memperluas serangan, sementara militan Gaza melepaskan rentetan roket ke arah Tel Aviv yang padat penduduk.

Sekitar 150 warga Israel berbaris melalui Jerussalem Tengah pada Selasa malam, menuntut diakhirinya siklus kekerasan yang telah menewaskan sejumlah militan dan warga sipil di Gaza dan tiga warga Israel.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk yang menyerukan diakhirinya eskalasi kekerasan dan meneriakkan "kami tidak ingin perang lagi".

Mereka meminta kedua belah pihak yang bertikai baik Israel maupun kelompok hamas untuk menghentikan kekerasan dan berunding.

Aksi damai ini malah mendapat cemoohan dari sejumlah warga Israel lainnya yang pro terhadap tindakan pemerintah.

Konfrontasi antara Israel dan hamas yang dipicu oleh ketegangan berminggu-minggu di Jerussalem meningkat hari Selasa ketika Israel melancarkan serangan udara baru di Gaza, sementara kelompok hamas menyerang Israel dengan ratusan roket.

Pemerintah Indonesia mengecam keras tindakan kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

Seiring dengan ketegangan di Yerusalem pasca kekerasan yang terjadi Masjidil Aqsa.

Terakhir serangan udara yang dilakukan Israel juga mengakibatkan sedikitnya 24 orang warga Palestina tewas termasuk di antaranya sembilan orang anak.  

Sementara dua warga Israel juga tewas akibat serangan roket hamas.

Indonesia menganggap tindakan yang dilakukan Israel merupakan bentuk pelanggaran.

Indonesia mendesak segera dihentikkan kekerasan terhadap warga Palestina.

Pemerintah Indonesia lewat Menteri Luar Negeri, Restno Marsudi juga meminta dunia internasional bekerjasama membantu Palestina dan mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Menlu Retno Marsudi meminta  meminta dewan keamanan PBB untuk mengambil langkah tegas atas tindakan Israel dan mengusulkan kepada Organisasi Kerja sama negara Islam (OKI) untuk melakukan pertemuan khusus membahas konflik yang terjadi di Palestina.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:47
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19