Kompas TV regional berita daerah

Gotong-Royong Memasak Nasi Lemang jadi Tradisi jelang Lebaran Warga Kalimas Hulu

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 08:31 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Para ibu ini masih semangat menjaga nyala api bersama para bapak dan anak muda untuk memasak nasi lemang. Mereka berkumpul sambil bercakap-cakap ringan.

Aktivitas seperti yang dilakukan oleh Warga Kalimas Hulu, Dusun Turi, Desa Pal Sembilan Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, ini sudah mulai jarang terlihat.

Bagi warga di dusun ini, memasak nasi lemang menjadi salah satu agenda wajib jelang lebaran yang telah dilakukan sejak nenek moyang dahulu. Biasanya, satu keluarga besar berkumpul untuk urunan dan bergotong royong membuat nasi lemang.

Nasi lemang merupakan makanan tradisional berbahan beras ketan dengan campuran santan dan dimasak menggunakan bambu. Selain dimakan bersama, nantinya nasi lemang ini akan dibagikan kepada keluarga lainnya ataupun santapan bagi tetangga yang berkunjung.

Setiap lebaran dua hari lamanya, nasi lemang menjadi menu spesial yang disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti daging, udang gala, maupun opor ayam.

Selain itu, biasanya saat lebaran di dusun ini lemang juga  menjadi salah satu menu spesial yang akan dibawa ke masjid, dan disantap bersama warga lainnya setelah shalad ied.

Jawiyah mengatakan, sejak kecil telah diajari cara membuat lemang dengan ikut serta saat pembuatan. Dia berharap tradisi membuat lemang ini tetap terjaga dan dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.