Kompas TV klik360 sinau

Nostalgia Berkirim Ucapan Selamat Idul Fitri, Kamu Generasi yang Mana?

Rabu, 12 Mei 2021 | 18:01 WIB

KOMPAS.TV - Bertukar ucapan lebaran seolah jadi kebiasaan yang tidak boleh ketinggalan dalam merayakan Idul Fitri. Seiring berkembangnya jaman, cara untuk mengirim ucapan Selamat Idul Fitri juga ikut mengalami perkembangan.

Mari sejenak bernostalgia dengan cara mengirimkan ucapan Idul Fitri dari masa ke masa!

1. Kartu Lebaran

Kartu lebaran sempat populer di tahun 90-an dan awal tahun 2000. Ucapan lebaran dikirim dalam bentuk kartu yang dihias dan ditulis sedemikian rupa agar nampak lebih indah.

Kartu lebaran punya kesan istimewa karena dikirim melalui kantor pos dan harus menunggu beberapa hari agar sampai ke penerima.

2. SMS (Layanan Pesan Singkat)

Saat penggunaan ponsel sudah mulai marak, SMS dimanfaatkan untuk memberi ucapan lebaran.

Ucapan lebaran melalui SMS punya ciri khas dengan singkatan-singkatan kata karena keterbatasan karakter.

Salah satu ucapan lebaran yang hits pada masanya yaitu, "Ketika mulut tak mampu berucap, ketika telinga tak mampu mendengar, ketika tangan tak mampu berjabat, ketika kaki tak mampu melangkah…"

Familiar bukan?

3. BBM (Blackberry Messenger)

Fitur pesan singkat yang ada di BBM memungkinkan pengguna mengirim pesan broadcast ke seluruh kontak.

Sayangnya, BBM yang dimiliki oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) telah ditutup dan tak lagi dapat digunakan sejak 31 Mei 2019.

4. Facebook

Sejak kemunculannya pada 2004, Facebook masih banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Ucapan lebaran bisa diunggah dengan menandai orang-orang tertentu atau mengirimnya di grup Facebook.

Selain pesan teks, ucapan lebaran juga bisa disertai dengan gambar, foto, dan video.

5. Instagram

Ucapan lebaran bisa disampaikan di Instagram dengan mengunggah foto bersama keluarga atau gambar kartu lebaran virtual.

Foto atau video ucapan lebaran bisa diunggah di Home Instagram atau fitur Instagram Stories.

Jadi, kamu masuk generasi yang mana? Apapun mediumnya, bertukar ucapan lebaran akan selalu jadi momen hangat saat perayaan Idul Fitri.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:30
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19