Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Penembakan Massal di Sekolah Rusia Adalah Mantan Murid yang Menyebut Dirinya Tuhan

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 05:30 WIB
pelaku-penembakan-massal-di-sekolah-rusia-adalah-mantan-murid-yang-menyebut-dirinya-tuhan
Sejumlah orang tampak menyalakan lilin membentuk angka 175, nama sekolah yang menjadi lokasi penembakan massal di Kazan, Rusia, Selasa (11/5/2021). (Sumber: AP Photo/Dmitri Lovetsky)
Penulis : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV – Pelaku penembakan di sekolah No. 175 di kota Kazan, Rusia pada Selasa (11/5/2021) pagi telah ditangkap. Pelaku yang berusia 19 tahun merupakan mantan murid sekolah tersebut.

Media Rusia mengatakan, pelaku penembakan menyebut dirinya “Tuhan” di akunnya di aplikasi pesan Telegram dan berjanji “membunuh sejumlah besar massabio” pada pagi naas itu. Melansir The Associated Press, masih belum diketahui motif penembakan itu.

Penembakan massal di Kazan menewaskan sedikitnya 9 orang, 7 di antaranya para murid. Sedikitnya 21 orang terluka, 18 di antaranya adalah anak-anak. Korban luka segera dilarikan ke rumah sakit, dan 6 di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Penembakan Massal di Sekolah di Rusia, 7 Murid dan 1 Guru Tewas

“Saya berada di dalam kelas saat seorang lelaki dengan senjata api tiba-tiba masuk ke kelas kami dan mulai menembak,” ujar sisa Akhmat Khairulin. Di bawah arahan sang guru, para siswa segera bersembunyi di bawah meja mereka, dan seorang siswa berhasil melarikan diri lewat sebuah jendela.

Setidaknya 4 siswa lelaki dan 3 siswa perempuan, seluruhnya kelas 8, tewas. Pun seorang guru dan seorang karyawan sekolah, kata Rustam Minnikhanov, gubernur Tatarstan. Kazan yang dihuni mayoritas kaum muslim merupakan ibukota Tatarstan.

Sejumlah siswa tampak berdoa di dekat sekolah yang menjadi lokasi penembakan massal di Kazan, Rusia, Selasa (11/5/2021). (Sumber: AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Kantor berita Tass melaporkan, guru yang tewas, Elvira Ignatyeva, merupakan guru bahasa Inggris di sekolah tersebut dan telah mengajar selama 4 tahun.

Baca Juga: Penembakan Massal dalam Acara Pesta Ulang Tahun di AS, Tujuh Orang Tewas

Rekaman video yang dirilis media Rusia memperlihatkan sejumlah siswa yang berseragam hitam dan putih berlarian keluar gedung sekolah. Video lainnya memperlihatkan jendela-jendela gedung sekolah yang pecah dan asap tampak membumbung dari sebuah jendela. Terdengar suara letusan senjata, dan lusinan ambulans tampak berbaris di pintu gerbang sekolah.

Sejumlah siswa berhasil menyelamatkan diri, namun beberapa lainnya masih terjebak dalam gedung sekolah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.