Kompas TV nasional sapa indonesia

Polemik Kedatangan Ratusan TKA Asal China ke Indonesia Saat Larangan Mudik, Ini Penjelasan KSP

Selasa, 11 Mei 2021 | 22:55 WIB

KOMPAS.TV - Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Tiongkok masuk ke Indonesia di tengah larangan mudik bagi masyarakat menjelang lebaran.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham Jhoni Ginting, membenarkan kedatangan 3 kloter TKA Tiongkok ini.

Kebijakan pemerintah mengizinkan ratusan TKA Tiongkok masuk ke Tanah Air, dikritik Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat masyarakat kembali dilarang mudik tahun ini.

Sebanyak 291 TKA asal Tiongkok masuk Indonesia dengan Pesawat Charter pada tanggal 4, 6 dan 9 Mei lalu.

Sebelumnya, gelombang kedatangan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok sejak 4 Mei yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta menjadi perbincangan khalayak.

Terbaru, pada 8 Mei lalu tercatat ada 157 WNA Tiongkok yang kembali masuk ke Indonesia.

Mereka tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pukul 11.50 WIB, Kamis 6 Mei 2021. Ratusan WNA China itu datang menggunakan pesawat Xiamen Air dengan nomor penerbanngan MF855 dari Fozhou.

Satgas covid-19 menyebutkan jika kedatangan puluhan WN asal China itu sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Masyarakat pun mempertanyakan izin masuknya para WNA yang merupakan TKA Tiongkok di tengah kebijakan pelarangan mudik saat ini.

Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menyebutkan semua TKA Tiongkok yang datang ke Indonesia sudah sesuai berdasarkan aturan, ada dokumen keimigrasian, kekarantianaan termasuk bebas covid-19.

Simak dialog selengkapnya bersama Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin serta Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Fathul Bari dalam tayangan berikut ini. 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:22
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138