Kompas TV nasional peristiwa

Resmi! Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Hari Kamis, 13 Mei 2021

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 19:49 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Maka penetapan sidang isbat bahwa 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021," kata Ketua MUI, K.H Abdulllah Zaidi saat membacakan keputusan dalam konferensi pers pada Selasa malam (11/5/2021). 

Sementara itu, menurut Menag Yaqut, kesepakatan sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan.

Dikatakannya, sidang isbat diawali dengan pemaparan oleh Tim Badan Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal secara astronomis.

"Sebagai informasi saya sampaikaan di Saudi Arabia, 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari ," katanya.

Diketahui, pantauan terhadap hilal dilaksanakan di 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta, rukyatul hilal dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

Sidang tersebut juga dihadiri pimpinan ormas islam, pakar astronomi, Ketua Lapan, perwakilan BMKG, beserta pihak-pihak terkait lainnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.