Kompas TV regional berita daerah

Aturan Penutupan Destinasi Wisata yang Masuk Zona Merah dan Oranye, Ini Langkah Dispar DIY

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:13 WIB
aturan-penutupan-destinasi-wisata-yang-masuk-zona-merah-dan-oranye-ini-langkah-dispar-diy
Tugu Yogyakarta menjadi ikon sekaligus salah satu destinasi wisata untuk berswafoto (Sumber: Kemenparekraf)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharjo, akan berkoordinasi dengan dispar kabupaten dan kota se-DIY terkait operasional destinasi wisata selama libur lebaran 2021.

Hal ini untuk menindaklanjuti Instruksi Kapolri dan Surat Edaran (SE) Kemendagri tentang penutupan destinasi wisata di zona merah dan oranye. 

“Kami perlu ada koordinasi lebih lanjut agar aturan itu bisa diterapkan, tetapi kami juga memastikan destinasi yang buka telah sesuai dengan zonasi dan pengawasannya ketat,” ujarnya, Selasa (11/5/2021).

Pengawasan juga akan diperkuat di destinasi wisata yang siap beroperasi karena tidak berada di zona merah dan oranye. Selama libur lebaran 2021, Dispar DIY juga bekerja sama dengan polisi dan Satpol PP dalam pengawasan.

Baca Juga: Destinasi Wisata Tetap Dibuka, Pemkab Gunungkidul Kerahkan 359 Personel Lakukan Pengawasan Prokes

Tidak hanya itu, Dispar DIY akan menerjunkan tim monitoring dan evaluasi yang bertugas memantau pelaksanaan kebijakan nasional di destinasi wisata.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dispar DIY Marlina Handayani menyarakan masyarakat lokal yang ingin mengunjungi destinasi wisata di yogyakarta melakukan reservasi melalui aplikasi Visiting Jogja.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:29
LIONEL MESSI KHAWATIR TERTULAR COVID-19 JELANG LAGA PERDANA ARGENTINA DI COPA AMERICA 2021 MELAWAN CHILE   KEMENKO PMK: PEMBANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA DI NTB SETELAH DIGUNCANG GEMPA PADA JULI 2018 ALAMI KETERLAMBATAN   KEMENDAGRI GRATISKAN AKSES VERIFIKASI DATA PENDUDUK KE SEJUMLAH LEMBAGA SELAMA 6 TAHUN TERAKHIR   WASKITA DAN TERREGRA TEKEN KONTRAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO BATANG TORU SENILAI RP 377 M   PENDAFTARAN PPDB 2021 UNTUK SMA DAN SMK DI RIAU DIUNDUR KARENA ADANYA KENDALA TEKNIS YANG PERLU DISELESAIKAN   OMBUDSMAN JAKARTA: KETIDAKMAMPUAN "PROVIDER" JADI KENDALA DALAM PPDB DKI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.972 ORANG: 4.163 SEMBUH, 206 MENINGGAL DUNIA, 603 DALAM PERAWATAN   PERMENKES 18/2021: PENGGUNAAN JENIS VAKSIN COVID-19 DALAM PROGRAM PEMERINTAH DAN GOTONG ROYONG BOLEH SAMA   DINKES KALIMANTAN BARAT: KETERISIAN TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI KALBAR MENCAPAI 62%   PEMKAB KUDUS TERAPKAN KEBIJAKAN 5 HARI DIAM DI RUMAH DALAM SEPEKAN GUNA MEMUTUS PENULARAN COVID-19   POSITIF COVID-19 DAN ISOLASI MANDIRI, WALI KOTA SALATIGA YULIANTO BEKERJA DARI RUMAH DINAS   JUMLAH PASIEN COVID-19 DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TEMBUS 5.000 ORANG   SEBANYAK 3.673 PASIEN COVID-19 MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI 44 HOTEL WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA   PRESIDEN JOKOWI BERI TARGET KE GUBERNUR DKI UNTUK WUJUDKAN "HERD IMMUNITY" DI JAKARTA HINGGA AGUSTUS 2021