Kompas TV nasional peristiwa

Viral Video Rombongan Presiden Jokowi Disebut Mudik, Ini Kata Istana

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 20:57 WIB
viral-video-rombongan-presiden-jokowi-disebut-mudik-ini-kata-istana
Viral video diklami rombongan Jokowi mudik. (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video menampilkan iring-iringan rombongan mobil yang dikawal oleh kendaraan patroli dan pengawalan (Patwal) atau dikenal voojrider viral di media sosial.

Dalam video tersebut, diduga perekam menyebut iring-iringan mobil tersebut merupakan rombongan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Selanjutnya, narasi yang beredar disebutkan bahwa Jokowi sedang mudik ke kampung halaman beserta rombongannya. Terlihat juga rombongan itu dikawal ketat oleh polisi.

Salah satu akun yang mengunggah video iring-iringan tersebut adalah @YandraD31 di Twitter pada Minggu (9/5/2021).

"Ini letter B, kalau ini pulang apa mudik ini kaya begini. Tuh letter B semua. Udah bukan wilayah pulang kampung. RI 1 pulang kampung," kata seseorang dalam video itu.

Baca Juga: Jokowi Kutuk Pengusiran dan Kekerasan Israel terhadap Warga Palestina, PBB Didesak Ambil Tindakan

Menanggapi viralnya video tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, membenarkan video itu merupakan rombongan Presiden Jokowi.

Namun, video tersebut direkam saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur. Artinya, rombongan Presiden Jokowi itu bukan melaksanakan mudik.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis (6/5/2021)," kata Machmudin dikutip dari Kompas.com, Senin (10/5/2021).

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur."

Bey menerangkan, adapun lokasi yang berada dalam video tersebut merupakan di daerah Gresik, sebelum masuk gerbang Tol Kebomas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x