Kompas TV regional berita daerah

Dipromosikan Presiden Jokowi, Pengusaha Bipang Ambawang Bangga dan Bersyukur

Selasa, 11 Mei 2021 | 09:01 WIB

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Bipang Ambawang atau babi panggang khas Ambawang berada di poros Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Berjarak sekira 32 kilometer dari Kota Pontianak.

Beberapa hari terakhir ini, media sosial riuh dengan pembahasan Bipang Ambawang, setelah disebut oleh Presiden Jokowi sebagai makanan khas daerah yang bisa dipesan secara daring untuk oleh-oleh, dalam pidato hari bangga produk lokal.

Deky Junaedi, salah satu pemilik Bipang Ambawang, mengaku bangga salah satu produk lokal ini bisa disebut langsung oleh presiden. Bahkan dia tidak menyangka akan menjadi buah bibir se-Indonesia.

Sebab, selama ini hanya melakukan promosi melalui media sosial serta melayani pemesanan secara daring. Pasca di-endorse oleh presiden, pesanan dari luar Kalimantan Barat semakin meningkat.

Bipang ini dijual dengan harga 50 ribu rupiah per porsi, hingga 2 juta rupiah per ekor. Per hari, belasan ekor babi berukuran 16 hingga 17 kilogram bisa terjual.

Tak hanya milik Deky, di sepanjang Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang ini juga terdapat beberapa pengusaha bipang. Salah satunya Babi Panggang Crispy Baddor yang sudah empat tahun berdiri.

Proses pemanggangan satu ekor bipang bisa membutuhkan waktu hingga delapan jam untuk menghasilkan bipang crispy.

Berbeda dengan bipang milik Deky, Baddor hanya menerima pembelian dengan pesanan per ekor dan dipesan satu hari sebelumnya. Sebab, belum tersedia dalam pesanan per porsi. Baddor juga mengaku senang produk babi panggang khas Ambawang bisa dikenal seluruh Indonesia.

Penulis : KompasTV Pontianak





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:32
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19