Kompas TV regional berita daerah

Ditjen PSDKP Amankan Dua Kapal Vietnam Pencuri Teripang di Perairan Indonesia

Selasa, 11 Mei 2021 | 08:01 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Pada Sabtu pagi (08/05/21), kedua kapal Vietnam beserta 10 ABK-nya ini, diamankan di PSDKP Pontianak. Kapal ini tiba di Pontianak pada Jumat malam (07/05/21). 

Sebelumnya, kapal ini diamankan oleh Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP pada Kamis, 6 Mei lalu, saat melakukan pencuri teripang di laut natuna utara. 

Menurut KKP, penangkapan yang dilakukan kapal ini, dengan alat trawl yang spesifik mengincar spesies teripang atau mentimun laut, dengan alat yang dapat menghancurkan bagian bawah laut.  Modus pencurian seperti ini tergolong operandi baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. 

Petugas juga mengamankan tiga tong plastik yang berisi teripang yang sudah dibersihkan dan sudah diberi garam.

Kedua kapal beserta 10 ABK asal Vietnam ini, untuk sementara diamankan di PSDKP Pontianak, sambil menunggu proses hukum lebih lanjut. 

Penangkapan dua kapal berbendera Vietnam ini menambah panjang daftar kapal ikan yang ditangkap oleh Ditjen PSDKP KKP. Sebanyak 84 kapal telah ditindak selama tahun 2021, terdiri dari 68 kapal ikan Indonesia yang melanggar ketentuan, dan 16 kapal ikan asing yang mencuri ikan.

KKP juga terus menunjukkan komitmennya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan, dengan menangkap 62 pelaku penangkapan ikan dengan cara yang merusak. 

Penulis : KompasTV Pontianak





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:00
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138