Kompas TV regional wisata

Magelang Tutup Objek Wisata Selama Libur Lebaran, Ganjar: Semoga Bisa Jadi Contoh untuk Daerah Lain

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 14:40 WIB
magelang-tutup-objek-wisata-selama-libur-lebaran-ganjar-semoga-bisa-jadi-contoh-untuk-daerah-lain
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat Berkunjung ke Taman Wisata Brobudur, Magelang, Senin (10/5/2021) (Sumber: jatengpemprov.go.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

MAGELANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi Kabupaten Magelang yang menutup seluruh objek wisata selama libur Lebaran 2021/1442 Hijriah.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai mengecek kondisi di Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (10/5/2021).

“Mudah-mudahan yang di Magelang ini juga bisa menjadi contoh, ini dengan pihak Borobudur umpama, sudah mulai ditutup sejak tanggal 8 sampai 17 (Mei) nanti,” kata Ganjar dikutip dari laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Heran Ada Lebih Banyak yang Keluar Jawa Tengah, Kerahkan Petugas Pantau Jalur Tikus

Menurutnya, beberapa daerah sudah melaporkan kepadanya untuk menutup objek wisata, antara lain Wonogiri dan Kebumen.

“Yang sudah menyampaikan nih kabupaten Magelang yang menutup semuanya, kemarin Wonogiri juga, informasinya Kebumen juga, cuman yang di Kebumen saya lihat datanya masih ada,” ucapnya.

Ganjar berharap,  penutupan wisata di Magelang tersebut bisa diikuti oleh daerah lain. Dan mengantisipasi potensi keramaian di tempat pariwisata.

Bagi Ganjar, tempat pariwisata harus menjadi perhatian oleh pemerintah daerah. Pengawasan harus ketat, jika tidak maka lebih baik tutup.

“Potensi-potensi tempat pariwisata yang kerumunannya banyak saya sarankan juga untuk diperhatikan, kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi ditutup saja. Itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Gubernur Jateng Cek Tol Kalikangkung

Ganjar juga mengingatkan bahwa daerah yang tetap membuka tempat wisata harus memastikan dan sesuai dengan izin, yakni hanya membuka 30 persen dari kapasitas. Sehingga kontrol terhadap kerumunan akan mudah.

“Tapi saya ingatkan ketika nanti ngontrolnya sulit, ditutup itu jauh lebih aman. Ini kita semua berikhtiar berkontribusi menjaga agar aman,” tandasnya.

Untuk diketahui, Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup selama libur Lebaran 2021/1442 Hijriah, termasuk destinasi unggulan Jateng itu juga sudah ditutup sejak 8-17 Mei mendatang.

Kebijakan Pemerintah Daerah ini sesuai instruksi pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Pemkab Magelang Tutup Objek Wisata Selama Libur Lebaran 2021

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x