Kompas TV cerita ramadan amalan

Unik! Pria Ini Melayani Pembayaran Zakat Menggunakan Sampah

Senin, 10 Mei 2021 | 10:30 WIB

KOJA, KOMPAS.TV - Membayar zakat fitrah adalah salah satu kewajiban umat Muslim di bulan suci Ramadhan.

Zakat ini bisa dibayarkan dalam bentuk uang maupun beras. Di Koja, Jakarta Utara ada sebuah bank sampah yang melayani pembayaran zakat dengan menggunakan sampah.

Sambil menenteng karung berisi botol bekas serta sampah plastik, seorang warga Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara mendatangi Bank Sampah Majelis Taklim di kantor Kecataman Koja.

Kedatangannya lokasi bank sampah menukarkan botol-botol bekas yang telah dikumpulkannya selama seminggu untuk membayar zakat fitrah di penghujung Ramadan ini.

Butuh sekitar 10 kilogram sampah untuk bisa ditukar menjadi 3 setengah liter beras.

Ide menukar sampah untuk bayar zakat ini muncul dari benak Gus In pendiri bank sampah karena melihat kesulitan dari warga yang kurang mampu, namun ingin menunaikan kewajibannya untuk berzakat terlebih saat kondisi ekonomi sulit di tengah pandemi.

Program yang telah berjalan 2 tahun ini mendapat sambutan positif dari warga. Tahun ini ada 10 orang yang berzakat dengan menukarkan sampah melalui bank sampah.

Menurut rencana hasil yang terkumpul akan disalurkan ke penerima zakat.

Penukaran sampah jadi zakat ini tak hanya dikhususkan bagi warga Koja, bank sampah Koja juga membuka kesempatan bagi warga lainnya yang ingin menukarkan sampah untuk berzakat.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:48
KEMENTERIAN ESDM PASTIKAN TAMBANG EMAS DI KEPULAUAN SANGIHE TIDAK MENYALAHI ATURAN   KKP BELUM BERI REKOMENDASI PEMANFAATAN WILAYAH PESISIR UNTUK KEGIATAN TAMBANG EMAS DI SANGIHE, SULUT   BNN BALI GAGALKAN PENGIRIMAN GANJA DARI WILAYAH SUMUT SEBANYAK 22 PAKET DI TERMINAL MENGWI   BATUK DAN PILEK BERSAMAAN SETELAH HADIRI HAJATAN NIKAH, 66 WARGA DESA BANTENGAN, MADIUN, POSITIF TES ANTIGEN   DISDIK KOTA TANGERANG BUKA JALUR PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) JENJANG SD   INDONESIA NARCOTIC WATCH DESAK POLRI USUT TUNTAS BANDAR NARKOBA YANG MENJUAL KEPADA KALANGAN ARTIS   PRESIDEN JOKOWI TINJAU VAKSINASI MASSAL COVID-19 DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI   SATU TAHANAN KEJAGUNG DI RUTAN SALEMBA JAKARTA POSITIF COVID-19 DAN DIRUJUK KE RS    SEBANYAK 50 RPTRA DI SELURUH JAKARTA PUSAT JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 WARGA 18 TAHUN KE ATAS   RS DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MINTA SELURUH PERKANTORAN DI JAKARTA PERKETAT WFH 50%   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT FASKES DI JAKARTA BISA KEWALAHAN ATASI PANDEMI JIKA MASYARAKAT TAK PATUH PROKES   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI JAKARTA BARU SEBATAS UJI COBA   SATGAS COVID-19: 22 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF KORONA