Kompas TV nasional sosial

Tinjau Penyekatan Mudik di Pelabuhan Merak, Puan Maharani Minta Distribusi Logistik Jangan Terganggu

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 22:26 WIB
tinjau-penyekatan-mudik-di-pelabuhan-merak-puan-maharani-minta-distribusi-logistik-jangan-terganggu
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar pelarangan mudik tidak mengganggu distribusi logistik pada Hari Raya Idul Fitri 2021.

Mengingat, kata Puan, distribusi logistik sangat mempengaruhi berjalannya roda perekonomian baik di Jawa maupun Sumatera.

"Saya minta supaya distribusi bahan logistik dan bahan-bahan penting ini tidak ada kendala sama sekali karena itu penting," kata Puan Maharani, Minggu (9/5/2021).

Puan mengungkapkan kondisi Pelabuhan Merak ini hanya 10 persen yang berjalan khususnya adalah terkait logistik dan bahan-bahan pokok.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Pemerintah Pastikan Pasokan Bahan Pokok Terjangkau Jelang Hari Raya

Oleh karena itu, dia meminta agar dermaga-dermaga disiapkan untuk angkutan logistik yang mendapat izin melakukan perjalanan selama larangan mudik berlaku. 

"Kemudian kesiapan dermaga-dermaga juga harus tetap disiapkan jikalau nanti ada urgensi terkait dengan hal-hal yang tentu saja kita harapkan namun harus tetap siap, karena ini juga penting," ujar Puan.

Dalam kesempatan itu, Politikus PDIP ini juga meminta agar penerapan kebijakan larangan mudik harus dapat disosialisasikan secara jelas. 

Di sisi lain, dia juga berharap agar masyarakat dapat menaati kebijakan tersebut demi mencegah lonjakan kasus Covid-19. 

Baca Juga: Kapolri, Panglima TNI, Ketua DPR hingga Menteri Tinjau Posko Pengamanan Lebaran di Pelabuhan Merak

“Penerapan kebijakan jangan membingungkan masyarakat. Tegas tapi humanis. Tahun ini jangan mudik dulu, sama-sama kita jaga diri, keluarga, lingkungan,” uja dia. 

Diketahui kunjungan Puan Maharani di Pelabuhan Merak ini untuk memantau Pos Pengamanan Lebaran.

Dalam kunjungan kerja di Pelabuhan Merak, Puan Maharani didampingi oleh Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo.

Baca Juga: Kapolri Tegaskan Daerah Zona Merah Covid-19 Dilarang Buka Tempat Wisata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x