Kompas TV internasional kompas dunia

Terus Terdiam Bukanlah Pilihan Bagi Rakyat Palestina di Yerusalem Timur

Senin, 10 Mei 2021 | 06:05 WIB
terus-terdiam-bukanlah-pilihan-bagi-rakyat-palestina-di-yerusalem-timur
Seorang Ibu-ibu Palestina di Yerusalem tetap berteriak melawan walau terluka dan berdarah pada penyerangan 8 Mei 2021 atas warga Palestina yang sedang beribadah di Masjidil Aqsa. (Sumber: AP Photo/Oded Balilty)

JERUSALEM, KOMPAS.TV - Adnan, seorang warga Palestina dari Yerusalem timur, bersumpah peluru karet yang ditembakkan oleh polisi Israel tidak akan menghalanginya dalam melakukan pembelaan.

"Diam bukanlah pilihan dalam membela orang Arab di Kota Suci," katanya seperti dilansir France24 mengutip AFP, Minggu, (09/05/2021).

Yerusalem Timur adalah tempat mayoritas warga Palestina tinggal, di mana wilayah itu bagian kota yang dianeksasi Israel tahun 1967. Wilayah itu dilanda kerusuhan terburuk selama beberapa tahun terakhir.

Ratusan warga Palestina terluka dan puluhan ditangkap dalam bentrokan dengan polisi Israel yang dilawan dengan batu dan benda lainnya oleh sebagian besar pengunjuk rasa yang terdiri atas anak muda dan pria dewasa.

Diketahui, pada Jumat malam, (07/05/2021) terjadi bentrokan antara polisi Israel dengan warga Palestina usai sholat tarawih di kompleks Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam.

Bagi Adnan yang berusia 20 tahun, pengunjuk rasa menanggapi upaya gigih pemukim Yahudi yang berusaha mengusir mereka dari kota.

Adnan, seperti banyak orang Palestina di Yerusalem timur, menolak menyebutkan namanya karena takut akan balas dendam polisi Israel.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Tito Dirhantoro





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:16
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI