Kompas TV regional berita daerah

Kendalikan Banjir di Jakarta, Bendungan Ciawi Ditargetkan Rampung Juli 2021

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 20:56 WIB
kendalikan-banjir-di-jakarta-bendungan-ciawi-ditargetkan-rampung-juli-2021
Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. (Sumber: Dok. Kementerian PUPR)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV Pemerintah terus melakukan upaya dalam mengurangi kerentanan kawasan ibu kota dari bencana banjir. Salah satunya dengan membuat bendungan kering (dry dam).

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan, yakni Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor.

Pembangunan kedua bendungan merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir (flood control) Jakarta yang sesuai kontrak kerja akan rampung tahun 2021.

Menurut informasi dari situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) RI pada Minggu (9/5/2021), menyebutkan progres konstruksi Bendungan Ciawi dimulai pembangunannya sejak Desember 2016 dan sudah mencapai 71 persen dan pembebasan lahan 96 persen.

Baca juga: BNPB Perkuat Peringatan Dini Banjir di Sepanjang Daerah Bengawan Solo

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan optimistis untuk konstruksi bendungan ini dapat segera rampung pada Juli 2021.

“Untuk pembebasan lahan saat ini sudah selesai sehingga konstruksinya bisa selesai dalam waktu dekat,” ujarnya.

Basuki menambahkan, tantangan lainnya dalam pembangunan Bendungan Ciawi selain pembebasan lahan adalah cuaca, terutama hujan yang masih sering terjadi hampir sepanjang tahun.

“Untuk mengatasinya kami selimuti lahan yang masih dikerjakan saat hujan. Saat tidak hujan baru dipadatkan lagi lapis demi lapis,” tuturnya.

Setelah rampung, Menteri PUPR berpesan agar kondisi sekitar bendungan kembali dihijaukan dengan ditanami pohon. Hal ini sebagai konservasi alam pada area sabuk hijau atau greenbelt.

Baca juga: Pemerintah Mulai Bangun Hunian Tetap RISHA Bagi Korban Bencana Banjir di NTT

Pembangunan Bendungan Ciawi merupakan bagian dari rencana induk (masterplan) Pengendalian Banjir Jakarta.

Bendungan Ciawi direncanakan memiliki volume tampung sebesar 6.05 juta meter kubik dan luas genangan 39.40 hektare.

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung.

Rampungnya pembangunan Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir sebesar 111,75 meter per detik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.