Kompas TV internasional kompas dunia

Anda Kini Bisa Beli Tanah dan Properti di Makkah dan Madinah, Namun Ada Syaratnya

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 20:35 WIB
anda-kini-bisa-beli-tanah-dan-properti-di-makkah-dan-madinah-namun-ada-syaratnya
Kingdom Tower di Riyadh, ibukota Arab Saudi. Selain kontrak pemerintah, Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan insentif menarik tersedia bagi perusahaan global bermarkas regional di Riyadh, seperti dilaporkan Arab News, 17 Februari 2021 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DUBAI, KOMPAS.TV - Arab Saudi mengizinkan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Saudi (Tadawul) untuk membeli real estate, seperti tanah dan properti di Makkah dan Madinah.

Mengutip dari Gulf News, Minggu (9/5/2021), menurut Pasal 5 Undang-Undang Kepemilikan dan Investasi Real Estate yang diubah oleh non-Saudi, investor non-Saudi secara individu maupun perusahaan yang memiliki lisensi untuk mempraktikkan aktivitas profesional, kejuruan, atau ekonomi dapat memperoleh real estate yang diperlukan untuk kegiatan mereka di Mekah dan Madinah.

Juga ditetapkan bahwa real estate semacam itu harus diinvestasikan dalam waktu lima tahun sejak perolehannya.

Sebelum amandemen baru Undang-Undang Kepemilikan, kepemilikan asing dilarang di Makkah dan Madinah, kecuali melalui warisan.

Baca Juga: Sobia, Pelepas Dahaga Tradisional Arab Saudi saat Bulan Ramadan

Festival Unta Raja Abdulaziz di Arab Saudi adalah salah satu event terkenal di negara tersebut. Unta adalah salah satu hewan sehari-hari di Jazirah Arab hingga Afrika dan Asia Tengah. (Sumber: CIC Saudi Arabia @CICSaudi)

Meskipun warga negara dan perusahaan GCC memiliki hak tertentu untuk memiliki tanah, mereka tunduk pada sejumlah batasan di mana mereka dapat menyewa atau membeli tanah untuk digunakan melakukan kegiatan bisnis berlisensi dari tanah tersebut, dan dapat memiliki properti tempat tinggal di Arab Saudi, namun properti di Makkah dan Madinah dikecualikan.

Orang asing juga dilarang memperoleh hak atas real estate di dalam perbatasan kota Makkah dan Madinah.

Ada juga pembatasan kepemilikan di mana resolusi lain dari Dewan Menteri Saudi, dan keputusan kerajaan, secara tegas melarang akuisisi real estate di lokasi tertentu.

Amandemen baru ini disetujui oleh Kabinet Saudi menyusul rekomendasi dari Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan dan Komite Umum Dewan Menteri dan keputusan Dewan Shoura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.