Kompas TV religi beranda islami

Berburu Lailatul Qadar - KALAM HATI

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 03:32 WIB
Penulis : Luthfan

Malam Lailatul Qadar keutamaannya sangat besar, karena malam ini menyaksikan turunnya Al-Qur’an yang membimbing orang-orang ke jalan kemuliaan. Kita tahu bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam penuh kemuliaan yang disebutkan dalam ayat yang mulia ;

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5).

Menghidupkan malam Lailatul Qadar dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya ialah memperbanyak dan memperkuat shalat malam secara kuantitas dan kualitas.

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Selain itu, Ramadhan adalah bulan dimana Al-Qur’an diturunkan, maka umat Islam dapat memperbanyak membaca Al-Qur’an ;

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) ……” (QS. Al-Baqarah Ayat 185).

Tingkatkan semangat ibadah selama bulan Ramadhan terutama di sepuluh malam terakhir dan menghidupkan malam-malam tersebut. Jangan tinggalkan malam Lailatul Qadar, sebab pada malam tersebut terdapat banyak manfaatnya.

Wallahu'alam bis shawab. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x