Kompas TV klik360 cerita indonesia

Penampakan Bipang Ambawang yang Disampaikan dalam Pidato Presiden Jokowi

Minggu, 9 Mei 2021 | 02:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Babi panggang (Bipang) Ambawang adalah kuliner khas Kalimantan Barat.

Mengutip akun Instagram @bipangambawang, masakan ini berasal dari Kecamatan Sui Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Kuliner ini dibuat dari babi kampung muda berusia 3-5 bulan. Babi kampung muda yang sudah dibersihkan lalu dibumbui untuk kemudian dipanggang secara tradisional menggunakan arang.

Lama pemanggangan yang memakan waktu 10 hingga 12 jam, membuat berat daging babi kampung yang awalnya 10-20 kilogram, menyusut menjadi 3-7 kilogram.

Bipang yang sudah matang kemudian disajikan bersama nasi, sayur lalap, kuah te tow heng, dan sambal. Dua jenis sambal yang dibuat sebagai pelengkap adalah sambal antuha dan sambal kit iu.

Bipang ambawang menjadi bahan perbincangan khalayak, setelah disebut oleh Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Hari Bangga Buatan Indonesia, yang disiarkan secara online di channel Youtube Kementerian Perdagangan, Rabu (5/5/2021).

"Yang rindu kuliner khas daerah atau yang baisanya mudik bawa oleh-oleh tidak perlu ragu pesan secara online yang rindu gudeg Yogja, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang Ambawang dan lain-lain tinggal pesan," ucap Presiden.

Setelah viral, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meemberi klarifikasi beberapa hal terkait pernyataan Jokowi tersebut.

"Berkaitan dengan bipang Ambawang, kita melihat dalam konteks keseluruhan pernyataan bapak Presiden ada dalam video, mengajak masyarakat Indonesia mengajak mencintai dan membeli produk lokal, pernyataan tersebut ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Yang terdiri dari beragam suku budaya agama, yang memiliki keragaman khas kuliner," terang Lutfi.

Video Editor: Agung Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:55
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138