Kompas TV regional berita daerah

Mendekati Lebaran, Mal Dipenuhi Pengunjung, Satgas Siapkan Swab Antigen

Sabtu, 8 Mei 2021 | 20:05 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Tingginya mobilitas warga ke pusat perbelanjaan mendekati lebaran, membuat Satgas Covid-19 Kota Probolinggo Jawa Timur melakukan razia protokol kesehatan. Hasilnya didapati banyak pengunjung berkerumun dan tidak mengenakan masker. Warga yang terjaring langsung menjalani swab antigen di tempat.

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo Jawa Timur disesaki pengunjung yang ingin belanja kebutuhan lebaran pada Sabtu pagi (08/05/2021). Petugas keamanan toko swalayan sempat kewalahan mengatur warga agar tidak berkerumun.

Namun kerumunan tetap terjadi lantaran jumlah warga yang datang untuk berbelanja meningkat lebih dua kali lipat dibanding saat hari-hari normal.

Tingginya mobilitas warga di pusat perbelanjaan membuat Satgas Covid-19 Kota Probolinggo turun tangan. Selain sosialisasi pentingnya protokol kesehatan, mereka juga mencoba mengurai kerumunan.

Warga yang didapati tidak bermasker, lantas dijaring untuk menjalani swab antigen di tempat. Tak tanggung-tanggung, selama sekitar satu jam menggelar razia, sekitar 30 warga terjaring razia prokes.

Rata-rata warga mengaku tidak mengenakan masker lantaran lupa. Mereka mengaku kapok terjaring razia dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya abai prokes. Salah satunya diutarakan oleh Samsul, ia mengaku lupa tidak membawa masker.

Baca Juga: Bupati Usir Pengunjung Mall yang tidak Memakai Masker

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Probolinggo, Setyorini Sayekti mengatakan razia prokes digelar guna mencegah penularan Covid-19 di Kota Probolinggo. Meski saat ini kasus covid-19 menurun, namun razia kerumunan merupakan langkah antisipasi petugas.

Razia prokes akan terus digelar hingga sehari jelang lebaran nanti. Satgas Covid-19 juga mengultimatum pengelola mal agar menerapkan prokes secara ketat.

 

#RaziaProkes #ProtokolKesehatan #Pandemi #Covid-19 #PusatPerbelanjaan #KerumunanPengunjung

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:21
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138