Kompas TV regional berita daerah

Kasus Baru Covid-19 Masih Tinggi, Gubernur Jawa Timur Melarang Takbir Keliling di Malam Idul Fitri

Sabtu, 8 Mei 2021 | 20:03 WIB

MADIUN, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melarang warga Jawa Timur melakukan takbir keliling pada saat malam hari raya Idul Fitri. Kebijakan itu diambil untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan oleh Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke shelter isolasi Pekerja Migran Indonesia di Sanggar Pramuka, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, pada Sabtu (08/09/2021). Dalam acara itu, Khofifah memberikan bantuan langsung kepada 8 orang pekerja migran asal Madiun yang sedang menjalani masa isolasi setelah melakukan perjalan dari luar negeri.

Baca Juga: Dinkes Jawa Timur Temukan Varian Virus Corono Kongo di Mojokerto

Khofifah datang dengan didampingi oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur menyampaikan larangan pelaksanaan takbir keliling pada malam hari raya Idul Fitri.

Khofifah telah berkoordinasi dengan jajaran keamanan, yakni Polri dan TNI untuk memberikan tindakan tegas kepada warga yang tetap nekat menggelar takbir keliling. Larangan itu dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga dan menghindari kerumunan serta kontak langsung di masa pandemi Corona.

Baca Juga: Larangan Mudik Diberlakukan, Stasiun Kereta Api Sepi Penumpang

Kasus Covid-19 di Jawa Timur masih tinggi. Data per 8 Mei 2021, kasus baru Covid-19 mencapai 225 orang dan kini total keseluruhan mencapai 149.671 kasus positif.

Khofifah juga berharap agar pelaksanaan shalat Idul Fitri dilakukan di Masjid dengan ketentuan zonasi penyebaran Covid-19. 

Shalat Idul Fitri Berjamaah di masjid hanya boleh dilakukan di daerah yang zona hijau dan kuning dengan pembatasan jumlah jemaah. Sedangkan di zona orange dan merah diharapkan dapat dilakukan di rumah masing-masing.

 

#IdulFitri #Lebaran #TakbirKeliling #Gubernur #JawaTimur #KhofifahIndarParawansa #Pandemi #Covid-19

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:47
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138