Kompas TV regional sosial

Wali Kota dan Bupati Dukung Gerakan Indonesia Raya Bergema, Pemda DIY Siapkan Surat Edaran

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 22:17 WIB
wali-kota-dan-bupati-dukung-gerakan-indonesia-raya-bergema-pemda-diy-siapkan-surat-edaran
For You Indonesia menemui Bupati Gunungkidul Sunaryanto di kompleks kantor Pemkab Gunungkidul, Jumat (7/5/2021) untuk menyosialisasikan gerakan Indonesia Raya Bergema. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gerakan Indonesia Raya Bergema yang diinisiasi aktivis kebangsaan lintas kalangan, For You Indonesia, mendapat dukungan dari wali kota dan bupati di DIY.

Dukungan untuk memutar lagu Indonesia Raya secara rutin dengan sikap sempurna itu diberikan oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanto, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Bupati Sleman dan wali kota Yogyakarta sudah ditemui pada pekan lalu. Sedangkan, Bupati Gunungkidul Sunaryanto ditemui di kompleks kantor Pemkab Gunungkidul, Jumat (7/5/2021).

For You Indonesia diwakili seniman kawakan Nano Asmorodono, aktivis lembaga swadaya masyarakat Nono Karsono dan aktivis perempuan Yekti Utami. Sementara, bupati Gunungkidul didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtono dan Plt Dikpora Gunungkidul Edy Praptono.

Baca Juga: Lebih dari 95 Persen Masyarakat Setuju Sikap Sempurna Saat Lagu Indonesia Raya Diputar Rutin

“Kami siap mendukung pelaksanaan gerakan Indonesia Raya Bergema di jajaran Pemkab Gunungkidul,” ujar Sunaryanto.

Ia menilai gerakan ini bisa menggembleng mental dan karakter seseorang supaya semakin memiliki sikap cinta tanah air dan bela negara. Bahkan, ia ingin gerakan kampanye kebangsaan For You Indonesia bisa masuk ke dunia pendidikan dan menyasar anak-anak dan generasi muda.

Kepala Departemen Seni Budaya Pancasila (Permen Sedap) For You Indonesia Nano Asmorodono mengapresiasi dukungan dan masukan Bupati Gunungkidul. Menurutnya, tantangan setelah ini adalah membuat rumusan pendidikan Pancasila yang cocok dan sesuai dengan selera kalangan muda.

“Kami telah menyiapkan sejumlah program kerja lewat pendekatan seni dan budaya seperti seni pertunjukan, seni musik, seni rupa, video pendek, film, sastra, komedi, teknologi komunikasi, desain dan lainnya,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji sedang menyiapkan surat edaran gubernur untuk menunjang pelaksanaan gerakan Indonesia Raya Bergema. Surat edaran akan ditujukan kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemda DIY, empat kabupaten, dan satu kota.

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Dukung Lagu "Indonesia Raya" Bergema Rutin Setiap Hari

Gerakan ini mengajak para pemilik atau pengelola ruang-ruang publik seperti lembaga pendidikan, perkantoran swasta, perhotelam, pabrik, pusat perbelanjaan atau mal, objek wisata dan lainnya, secara kontinu mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap pagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x