Kompas TV klik360 cerita indonesia

Perajin Bantal Kerucut di Aceh Banjir Pesanan Jelang Lebaran

Jumat, 7 Mei 2021 | 13:47 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Menjelang lebaran idul fitri 1442 hirjiah perajin bantal kerucut di Menasah Gadong, Bireuen, Aceh banjir pesanan.

Salah satunya ibu rumah tangga Tinar mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah.

Berawal dari hobi sejak tahun 2011 silam, Tinar kini fokus memproduksi bantal kerucut sebagai pelengkap kebutuhan rumah saat menjelang lebaran.

Bantal kerucut merupakan bantal berbentuk segitiga yang dijahit kemudian dihias semenarik mungkin, biasanya bantal tersebut digunakan pelengkap kursi sofa di rumah hingga mobil.

Untuk proses satu bantal sendiri biasanya memakan waktu 15 hingga 20 menit dengan bahan baku yang mudah didapatkan seperti kain, gabus dan pernak-pernik untuk mempercantik bantal.

Tinar dibantu oleh beberapa kerabatnya dikarenakan menjelang lebaran semakin banyaknya permintaan.

Untuk satu bantal kerucut dibandrol dengan harga Rp 85 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung motif dan bentuknya.

Untuk pemasaran sendiri, Tinar memilih media sosial karena dianggap lebih mudah mempromosikan dan jangkauan yang disasar juga lebih luas. Bantal buatannya pun bahkan sudah pernah dikirim ke pulau Jawa.

Meskipun pesanan bantal kerucut sempat berkurang tahun lalu dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini Tinar mulai banyak mendapatkan pesanan kembali. Hal itu terlihat dari produksi bantal kerucut yang terus membludak dirumahnya.

Video Editor: Faqih

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:18
LIONEL MESSI KHAWATIR TERTULAR COVID-19 JELANG LAGA PERDANA ARGENTINA DI COPA AMERICA 2021 MELAWAN CHILE   KEMENKO PMK: PEMBANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA DI NTB SETELAH DIGUNCANG GEMPA PADA JULI 2018 ALAMI KETERLAMBATAN   KEMENDAGRI GRATISKAN AKSES VERIFIKASI DATA PENDUDUK KE SEJUMLAH LEMBAGA SELAMA 6 TAHUN TERAKHIR   WASKITA DAN TERREGRA TEKEN KONTRAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO BATANG TORU SENILAI RP 377 M   PENDAFTARAN PPDB 2021 UNTUK SMA DAN SMK DI RIAU DIUNDUR KARENA ADANYA KENDALA TEKNIS YANG PERLU DISELESAIKAN   OMBUDSMAN JAKARTA: KETIDAKMAMPUAN "PROVIDER" JADI KENDALA DALAM PPDB DKI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.972 ORANG: 4.163 SEMBUH, 206 MENINGGAL DUNIA, 603 DALAM PERAWATAN   PERMENKES 18/2021: PENGGUNAAN JENIS VAKSIN COVID-19 DALAM PROGRAM PEMERINTAH DAN GOTONG ROYONG BOLEH SAMA   DINKES KALIMANTAN BARAT: KETERISIAN TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI KALBAR MENCAPAI 62%   PEMKAB KUDUS TERAPKAN KEBIJAKAN 5 HARI DIAM DI RUMAH DALAM SEPEKAN GUNA MEMUTUS PENULARAN COVID-19   POSITIF COVID-19 DAN ISOLASI MANDIRI, WALI KOTA SALATIGA YULIANTO BEKERJA DARI RUMAH DINAS   JUMLAH PASIEN COVID-19 DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TEMBUS 5.000 ORANG   SEBANYAK 3.673 PASIEN COVID-19 MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI 44 HOTEL WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA   PRESIDEN JOKOWI BERI TARGET KE GUBERNUR DKI UNTUK WUJUDKAN "HERD IMMUNITY" DI JAKARTA HINGGA AGUSTUS 2021