Kompas TV regional sosial

Seluruh Akes Jalur Masuk Garut Ditutup Besok, Petugas Bersenjata Lengkap Disiagakan

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 20:41 WIB
seluruh-akes-jalur-masuk-garut-ditutup-besok-petugas-bersenjata-lengkap-disiagakan
Ilustrasi petugas polisi berjaga di dekat Sekretariat ASEAN menjelang pertemuan para pemimpin di Jakarta, Indonesia, Jumat, 23 April 2021. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Fadhilah | Editor : Deni Muliya

GARUT, KOMPAS.TV - Aparat Polres Garut, Jawa Barat, bersiap menjaga serta menindak masyarakat yang nekat mudik ke wilayahnya.

Hal tersebut menyusul diberlakukannya larangan mudik Lebaran mulai besok, 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan, mulai besok, Kamis (6/5/2021), tidak ada lagi pemudik yang diperbolehkan memasuki Kabupaten Garut.

Pihaknya juga akan menyiagakan personel bersenjata langkap di sejumlah titik rawan untuk mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban Masyarakat (kamtibmas).

Baca Juga: Menhub: 18 Juta Orang Ingin Mudik, Tujuan Terbanyak Jawa Tengah

"Guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas kami juga akan mensiagakan petugas bersenjata di daerah atau titik jalur rawan," kata Adi, Rabu (5/5/2021) sebagaimana dikutip dari TribunJabar.id.

Benny mengingatkan bahwa mulai besok pihaknya tidak akan segan-segan menindak pemudik yang masih nekat masuk ke Garut, kecuali keperluan mendesak seperti keluarga meninggal dan keperluan dinas.

"Petugas pun tidak segan-segan akan menindak tegas warga yang nekat mudik baik menggunakan angkutan pribadi atau angkutan umum," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang akan masuk ke Garut dengan kondisi darurat disarankan menyiapkan surat keterangan dan hasil swabtest.

"Masyarakat umum yang mungkin ada yang saudaranya meninggal tentu harus dilengkapi dengan surat keterangan, jika tidak ada diputarbalikan" ucapnya.

Polres Garut sendiri akan mengerahkan 900 personel untuk melakukan pengamanan 12 titik penyekatan larangan mudik lebaran 2021. 

Jalur tikus diperbatasan Garut dan daerah lain juga dijaga ketat petugas.

"Di selatan di Cibalong, kemudian Cilawu, Singajaya, Kamojang, Cijapati, Kadungora itu termasuk yang kita sekat," kaya Benny.

Baca Juga: Mulai Besok, 2.000 Petugas Gabungan Jaga 15 Titik Penyekatan di Tol Jakarta-Cikampek dan Arteri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.