Kompas TV internasional kompas dunia

Ulat Hong Kong Kini Resmi Jadi Menu Baru Kudapan Sehat di Eropa

Rabu, 5 Mei 2021 | 05:28 WIB
ulat-hong-kong-kini-resmi-jadi-menu-baru-kudapan-sehat-di-eropa
Pemilik truk makanan Microbar, Bart Smit memamerkan setoples ulat Hong Kong dalam festival truk makanan di Antwerp, Belgia pada 21 September 2014. (Sumber: AP Photo/Virginia Mayo, File)

BRUSSEL, KOMPAS.TV – Ulat Hong Kong kering diprediksi akan segera memenuhi rak-rak bagian kudapan di supermarket dan restoran di seluruh Eropa.

Melansir The Associated Press, Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara pada Selasa (4/5/2021) telah memberi lampu hijau pada proposal yang mengajukan larva kumbang Tenebrio molitor itu ke pasaran sebagai “makanan baru”.

Baca Juga: Uni Eropa: Sah! Ulat Hong Kong Aman Dimakan Orang Eropa

Langkah itu diambil Badan Keselamatan Makanan Uni Eropa menerbitkan pendapat ilmiah tahun ini yang menyimpulkan bahwa ulat Hong Kong, atau yellow mealworm, aman dimakan manusia.

Para peneliti menyebut, ulat tersebut, baik dimakan utuh maupun dalam bentuk bubuk, merupakan kudapan kaya protein dan bisa menjadi campuran makanan lain.

Baca Juga: Australia Rilis Rencana Kembangkan Industri Serangga yang Dapat Dimakan

Dalam foto file 18 Februari 2015 ini, ulat Hong Kong disortir sebelum dimasak di San Francisco, Amerika Serikat. Badan keamanan makanan Eropa mengatakan cacing aman untuk dimakan. (Sumber: AP Photo/Ben Margot)

Reaksi alergi, kata pendapat ilmiah tersebut, bisa terjadi pada orang yang telah memiliki alergi terhadap krustasea atau udang-udangan dan tungau debu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:05
KRI JOHN LIE-358 TNI AL SELAMATKAN ABK KAPAL ASING YANG HILANG DI LAUT NATUNA   KETUA MPR: UPAYA DISKUSI MENYELESAIKAN PERSOALAN DI PAPUA TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SEJAK ERA PRESIDEN BJ HABIBIE   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO PERTANYAKAN ADANYA DORONGAN DISKUSI UNTUK MENGHENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA   POLDA SUMATERA UTARA ANCAM SANKSI TEGAS PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK DI POS PENYEKATAN PERBATASAN   PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG, BATAM, MASIH LAYANI PENUMPANG YANG PENUHI SYARAT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   DPMPTSP: DARI RIBUAN PENGAJUAN SIKM YANG DITERIMA, SEBANYAK 312 PERMOHONAN DITERBITKAN DAN 484 DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   HARI KETIGA LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PASAR SENEN TURUN 90 PERSEN   KETUA DPRD KOTA BOGOR ATANG TRISNANTO: LARANGAN MUDIK LOKAL JABODETABEK TIMBULKAN KEBINGUNGAN DI MASYARAKAT   KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KAWASAN MONAS, JAKPUS, DIPASTIKAN MASIH DITUTUP UNTUK WISATAWAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2021   POLISI: TERSANGKA PENYEBAR AJAKAN DEMO DI TOL MENGAKU HANYA TERUSKAN PESAN DARI GRUP WHATSAPP   POLISI TANGKAP TIGA ORANG YANG SEBARKAN AJAKAN DEMO DI JALAN TOL DEMI BISA MUDIK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.530: 3.577 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 764 DALAM PERAWATAN