Kompas TV regional update corona

Waspadai Lonjakan Kasus Corona Pasca Lebaran, Pemprov Kalbar Siapkan Sejumlah Antisipasi

Rabu, 5 Mei 2021 | 05:40 WIB
waspadai-lonjakan-kasus-corona-pasca-lebaran-pemprov-kalbar-siapkan-sejumlah-antisipasi
Penumpang menunggu jadwal keberangkatan di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu, 15 September 2019. (Sumber: Kompas.com)

PONTIANAK, KOMPAS.TV – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) mulai mengantisipasi potensi lonjakan kasus corona (Covid-19) pasca-Lebaran.

Kabupaten/kota diminta mewaspadai lonjakan kasus, termasuk meminta rumah sakit menyiapkan tambahan tempat tidur, obat, peralatan, dan tenaga kesehatan.

 “Diprediksi setelah Lebaran akan ada lonjakan kasus konfirmasi baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat Harisson, dilansir dari Kompas.id, Selasa (4/5/2021).

Ia melanjutkan, potensi lonjakan kasus Covid-19 saat ini juga bisa dipicu dari adanya mutasi virus yang sudah terdeteksi di Kalbar.

“Hal ini diketahui dari genom sequencing yang dilakukan Universitas Tanjungpura. Virus ini bukan saja menyebabkan penularan jauh lebih cepat, melainkan juga lebih ganas yang bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kasus kematian,” paparnya.

Saat ini, tingkat hunian ruang isolasi perawatan Covid-19 di rumah sakit se-Kalbar sudah 47 persen dan diperdiksi akan terus meningkat.

Dikhawatirkan, rumah sakit akan penuh seiring meningkatnya kasus sehingga membuat banyak pasien tidak dapat dilayani di rumah sakit.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:41
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI