Kompas TV cerita ramadan tradisi

Kisah Pasar Tanah Abang Jelang Lebaran, Pusat Tekstil yang "Kagak Ade Matinye"

Rabu, 5 Mei 2021 | 04:35 WIB
kisah-pasar-tanah-abang-jelang-lebaran-pusat-tekstil-yang-kagak-ade-matinye
Suasana kepadatan Pasar Tanah Abang di tengah pandemi (Sumber:Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali jadi sorotan setelah terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada Sabtu dan Minggu (1-2 Mei 2021) lalu. Membludaknya jumlah pengunjung di masa pandemi jelas menjadi masalah karena dikhawatirkan terjadi penyebaran Covid-19.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ada 87 ribu orang yang datang.  Padahal biasanya hanya setengahnya. "Jadi, memang hari kemarin terjadi lonjakan yang tidak terduga," kata Anies Baswedan, Minggu (2/5/2021). 

Padahal sebelum terjadi pandemi, setiap memasuki bulan puasa hingga jelang Lebaran, pasar tua di Jakarta ini sudah terbiasa dengan pengunjung yang sangat padat.

Kepadatan pasar Tanah Abang membuktikan daya tariknya yang tak lekang oleh waktu, bahkan di masa pandemi sekalipun.

Baca Juga: Soal Kerumunan Pasar Tanah Abang, Satgas Covid-19 Sentil Pemerintah Daerah untuk Tegas

Dalam catatan sejarahnya, pasar ini memang tak pernah sepi sejak didirikan  oleh tuan tanah Yustinus Vinck pada 30 Agustus 1735. Dulu  Pasar Tanah Abang hanya dibuka setiap Sabtu, dan saat itu mampu menyaingi pasar Senen yang sudah lebih maju.

Menurut sejarawan Adolf Heuken dalam bukunya Tempat-tempat Bersejarah di Jakarta, Tanah Abang adalah satu dari tiga pasar yang dibangun di zaman kolonial Belanda di Batavia selain Pasar Senen dan Pasar Baru.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:43
KEMENTERIAN ESDM PASTIKAN TAMBANG EMAS DI KEPULAUAN SANGIHE TIDAK MENYALAHI ATURAN   KKP BELUM BERI REKOMENDASI PEMANFAATAN WILAYAH PESISIR UNTUK KEGIATAN TAMBANG EMAS DI SANGIHE, SULUT   BNN BALI GAGALKAN PENGIRIMAN GANJA DARI WILAYAH SUMUT SEBANYAK 22 PAKET DI TERMINAL MENGWI   BATUK DAN PILEK BERSAMAAN SETELAH HADIRI HAJATAN NIKAH, 66 WARGA DESA BANTENGAN, MADIUN, POSITIF TES ANTIGEN   DISDIK KOTA TANGERANG BUKA JALUR PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) JENJANG SD   INDONESIA NARCOTIC WATCH DESAK POLRI USUT TUNTAS BANDAR NARKOBA YANG MENJUAL KEPADA KALANGAN ARTIS   PRESIDEN JOKOWI TINJAU VAKSINASI MASSAL COVID-19 DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI   SATU TAHANAN KEJAGUNG DI RUTAN SALEMBA JAKARTA POSITIF COVID-19 DAN DIRUJUK KE RS    SEBANYAK 50 RPTRA DI SELURUH JAKARTA PUSAT JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 WARGA 18 TAHUN KE ATAS   RS DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MINTA SELURUH PERKANTORAN DI JAKARTA PERKETAT WFH 50%   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT FASKES DI JAKARTA BISA KEWALAHAN ATASI PANDEMI JIKA MASYARAKAT TAK PATUH PROKES   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI JAKARTA BARU SEBATAS UJI COBA   SATGAS COVID-19: 22 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF KORONA