Kompas TV nasional sapa indonesia

Belajar dari Kasus Tsunami Covid-19 di India: Terlena Pangkal Petaka

Selasa, 4 Mei 2021 | 22:10 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, telah mengonfirmasi masuknya 3 varian baru virus corona dari luar negeri.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut, 3 varian tersebut berasal dari Inggris, India dan Afrika Selatan.

Virus varian mutasi dari India ini adalah B1617 yang memiliki 2 mutasi.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane menyebut, mutasi corona B1617 cukup ganas, hingga menyebabkan angka kematian di India cukup tinggi.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar seluruh pihak lebih berhati hati, terkait lonjakan kasus covid-19 di India.

Sebelumnya, India sempat mencatatkan rekor dunia terkait penambahan kasus harian covid-19 per Jumat, 30 April 2021 yang mencapai 402.110 kasus dalam sehari.

Angka ini merupakan rekor baru di India. Bahkan, India menjadi negara pertama di dunia yang melaporkan kasus harian lebih dari 400 ribu kasus.

Adapun 5 poin penting penyebab tsunami covid-19 di India yakni:

1. Meningkatnya ketidakpatuhan warga terhadap protokol kesehatan
2. Banyaknya event besar seperti upacara keagamaan dan pernikahan yang mengundang lebih dari ribuan orang
3. Vaksin di India baru berjalan kurang dari 15%
4. Jumlah check dan tracing menurun
5. Adanya temuan mutasi baru corona B1617 yang bersifat lebih cepat menular

Sebelumnya, pemerintah telah berupaya untuk mencegah masuknya mutasi corona B1617 dari India ke wilayah Indonesia.

Hal itu terutama setelah, masuknya ratusan warga negara India melalui Bandara Soekarno Hatta.

Lantas, apa langkah pemerintah selanjutnya, agar mutasi corona B1617 dari India ini, tak menyebar luas?

Simak dialog selengkapnya bersama Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas covid-19, Alexander K Ginting dan Mantan Direktur Penyakit Menular, WHO Asia Tenggara, Candra Yoga Aditama dalam tayangan berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:43
KRI JOHN LIE-358 TNI AL SELAMATKAN ABK KAPAL ASING YANG HILANG DI LAUT NATUNA   KETUA MPR: UPAYA DISKUSI MENYELESAIKAN PERSOALAN DI PAPUA TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SEJAK ERA PRESIDEN BJ HABIBIE   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO PERTANYAKAN ADANYA DORONGAN DISKUSI UNTUK MENGHENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA   POLDA SUMATERA UTARA ANCAM SANKSI TEGAS PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK DI POS PENYEKATAN PERBATASAN   PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG, BATAM, MASIH LAYANI PENUMPANG YANG PENUHI SYARAT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   DPMPTSP: DARI RIBUAN PENGAJUAN SIKM YANG DITERIMA, SEBANYAK 312 PERMOHONAN DITERBITKAN DAN 484 DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   HARI KETIGA LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PASAR SENEN TURUN 90 PERSEN   KETUA DPRD KOTA BOGOR ATANG TRISNANTO: LARANGAN MUDIK LOKAL JABODETABEK TIMBULKAN KEBINGUNGAN DI MASYARAKAT   KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KAWASAN MONAS, JAKPUS, DIPASTIKAN MASIH DITUTUP UNTUK WISATAWAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2021   POLISI: TERSANGKA PENYEBAR AJAKAN DEMO DI TOL MENGAKU HANYA TERUSKAN PESAN DARI GRUP WHATSAPP   POLISI TANGKAP TIGA ORANG YANG SEBARKAN AJAKAN DEMO DI JALAN TOL DEMI BISA MUDIK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.530: 3.577 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 764 DALAM PERAWATAN