Kompas TV klik360 cerita indonesia

Bantah Berita Miring, Asrena KSAL: Banyak yang Mengawaki Kapal Selam Tapi Tidak Sakit

Selasa, 4 Mei 2021 | 23:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Asrena KSAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali menanggapi pemberitaan miring tentang sakit yang diderita Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa.

Baca Juga: Asrena KSAL: Sakit Kolonel Iwa Kartiwa Bukan Karena Radiasi Zat Merkuri

Asrena membantah kabar di media yang menyebut bahwa sakit yang diderita Kolonel Iwa Kartiwa disebabkan oleh paparan zat beracun.

Ia pun menyebut, banyak awak kapal selam lain yang hingga kini kondisinya masih sehat dan tidak sakit.

"Apa yang selama ini disangkakan oleh media tadi terkena gas beracun atau radiasi zar merkuri, zat besi, itu semua tidak benar. Karena banyak yang mengawaki kapal selam dan tidak ada yang sakit akibat dari apa yang diceritakan oleh media tadi, yang terkena zat merkuri, zat besi, dan lain lain," ungkap Asrena.

Tanggapan tersebut disampaikan Asrena KSAL dalam konferensi pers di Rumah Sakit TNI AL (RSAL) dr.Mintohardjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Dalam konferensi pers di kesempatan yang sama, Kolonel Iwa menjelaskan bahwa sakit yang dialaminya adalah syaraf kejepit.

Iwa juga menyebut indikasi adanya penyakit lain yang sudah dideritanya sejak lama.

Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa sendiri adalah mantan Komandan KRI Cakra 401, yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Komando Armada II.

Kolonel Iwa lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya, pada tahun 1991.

Video Editor: Lisa Nurjannah

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:03
DINAS KESEHATAN NTT: TERJADI PENAMBAHAN 141 KASUS POSITIF, TOTAL JUMLAH KASUS COVID-19 DI NTT MENCAPAI 16.332 ORANG   POLRI MEMUTARBALIKKAN 23.573 KENDARAAN DI 381 TITIK PADA HARI PERTAMA OPERASI PELARANGAN MUDIK   TNI AD BANTAH KERAHKAN KENDARAAN LAPIS BAJA UNTUK LAKUKAN PENYEKATAN MUDIK   PT POS INDONESIA TETAP BUKA SELAMA LIBUR LEBARAN   PT PLN BERKOMITMEN HANYA BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK EBT SETELAH PROGRAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT 35.000 MW SELESAI   PEMKOT TANGERANG SELATAN PASTIKAN TIDAK AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN APA PUN PADA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   KASATPOL PP DKI: SETIAP ORANG YANG BERANGKAT KERJA DARI BODETABEK KE JAKARTA HARUS PUNYA SURAT TUGAS   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO MENGAPRESIASI DEDIKASI TNI DAN PIHAK YANG TERLIBAT PENANGANAN COVID-19   KEMENDIKBUD-RISTEK HORMATI PUTUSAN MA TERKAIT PEMBATALAN SKB 3 MENTERI   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: PEMERINTAH, BUMN, BUMD WAJIB PAKAI PRODUK LOKAL   WAPRES MA’RUF AMIN BERHARAP KEMENTERIAN/LEMBAGA BERKOORDINASI DENGAN BADAN WAKAF INDONESIA UNTUK REVISI UU WAKAF   KEMENKOMINFO SEBUT ADA 13 WILAYAH UTAMA YANG AKAN KEBAGIAN JARINGAN 5G UNTUK PERTAMA KALI   PRESIDEN JOKOWI MINTA INDONESIA HATI-HATI HADAPI ERA 5G   PEMERINTAH PERBOLEHKAN SEKTOR ESENSIAL TETAP BEROPERASI DI WILAYAH AGLOMERASI SAAT LARANGAN MUDIK LEBARAN