Kompas TV nasional sosial

Perjalanan Bukan Mudik, Naiklah Bus Berstiker Khusus dari Kemenhub. Ini Syaratnya

Selasa, 4 Mei 2021 | 21:58 WIB
perjalanan-bukan-mudik-naiklah-bus-berstiker-khusus-dari-kemenhub-ini-syaratnya
Sejumlah penumpang bus tengah bersiap untuk menaiki salah satu layanan bus dari Terminal Poris Plawad, Minggu (11/4/2021). (Sumber: Kompas.com/MUHAMMAD NAUFAL)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan cap stiker khusus bagi bus yang tetap beroperasi pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Cap khusus itu hanya untuk melayani orang-orang yang melakukan perjalanan mendesak dan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang digariskan oleh Satgas Penangana Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan stiker tersebut digunakan oleh kendaraan yang akan mengangkut penumpang dengan keperluan bukan mudik.

"Kami tegaskan bahwa bus dengan stiker khusus ini bukam melayani pemudik, tapi masyarakat yang melakukan perjalanan selain mudik dan telah memenuhi syarat serta ketentuan sesuai peraturan dari Satgas dan Kementerian Perhubungan," jelas Budi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Tahap Awal, Kemenhub Salurkan 500 Donasi Sembako dan Masker bagi Pekerja Transportasi

Menurut Budi, penerbitan stiker itu untuk memudahkan para petugas mengidentifikasi bus yang memang boleh beroperasi karena mengangkut penumpang dan telah memenuhi syarat.
 
Seperti diketahui, penerbitan stiker ini sesuai dengan ketentuan di Surat Edaran Satgas No 13 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Perhubungan No 13 Tahun 2021.

SE tersebut menyebutkan bahwa mereka yang bisa melakukan perjalanan pada masa larangan mudik.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:28
BRASIL IZINKAN KEMBALI LAYANAN DOMPET DIGITAL WHATSAPP PAY BEROPERASI   MIGRANT CARE: 20% PEKERJA MIGRAN INDONESIA TIDAK DIGAJI SEJAK PANDEMI KORONA   POLRI TEGASKAN PERSONEL GABUNGAN TNI-POLRI YANG BERTUGAS DI PAPUA UNTUK BERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT PAPUA   SATU ANGGOTA SATRESKRIM POLRES BANTAENG, SULSEL, DITANGKAP KARENA KONSUMSI SABU   BELUM DUA BULAN DIRESMIKAN, DERMAGA II PELABUHAN BOLOK KUPANG, NTT, AMBRUK AKIBAT BADAI SEROJA   POLDA NTT TERJUNKAN 823 PERSONEL UNTUK PENGAMANAN IDUL FITRI 2021   POLISI TELAH MENANGKAP 55 ORANG YANG DIDUGA TERLIBAT DALAM KASUS BOM BUNUH DIRI DI KATEDRAL MAKASSAR   DENSUS 88 DALAMI KAITAN MANTAN PETINGGI FPI, MUNARMAN, DENGAN JAD MAKASSAR   KEJAGUNG TELAH MENERIMA SPDP DARI POLRI SOAL PERKARA TINDAK PIDANA TERORISME DENGAN TERSANGKA MUNARMAN   PHRI BANYUWANGI, JATIM, BERHARAP ADA TAMU DARI DAERAH SEKITAR SAAT LIBUR LEBARAN   PETUGAS GABUNGAN AKAN LAKUKAN TES USAP SECARA ACAK KE PEMUDIK NEKAT YANG MASUK KE KABUPATEN NGANJUK, JATIM   OPERASIONAL KRL JABODETABEK HANYA SAMPAI PUKUL 20.00 WIB SELAMA MASA PELARANGAN MUDIK 6-17 MEI 2021   PEMERINTAH OPTIMISTIS PERTUMBUHAN EKONOMI DI KUARTAL II 2021 BERADA DI KISARAN 6,9-7,8%   DALAM SEPEKAN (20-27 APRIL 2021), BNN SITA 581,31 KG SABU DARI 3 KASUS BERBEDA