Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kapal China Evakuasi KRI Nanggala, Ini Penjelasan Asrena KSAL

Selasa, 4 Mei 2021 | 22:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Asrena KSAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, menjelaskan tentang kapal China yang akan terlibat dalam proses evakuasi kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan utara Pulau Bali.

Penjelasan tersebut disampaikan Asrena KSAL saat konferensi pers di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr.Mintohardjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Asrena KSAL: Sakit Kolonel Iwa Kartiwa Bukan Karena Radiasi Zat Merkuri

Asrena menyebut ada 3 kapal salvage milik China yang dilibatkan dalam proses pengangkatan sisa badan kapal KRI Nanggala.

"Jadi ada tiga itu. Ini namanya Tan Suo 2, kemudian Nantuo 195, dan Yong Xing Dao 863, ini yang dari China. Kemudian kemampuannya untuk Tan Suo 2 adalah scientific salvage, memang kapal untuk mengangkat barang dari bawah laut dimana dia membawa submersible kemudian para expert dari oseanografi maupun hidrografi," ujar Asrena.

"Kemudian Nantuo 195 adalah ocean tug tunda samudera. Dia mampu mengangkat barang yang cukup berat. Kemudian Yang Xing Dao 863 ini adalah memang kapal rescue kapal selam," lanjutnya.

Angkatan Laut China atau People Liberation Army (PLA) Navy mengerahkan tiga kapal salvage guna membantu evakuasi kapal selam KRI Nanggala. 

Dua dari tiga kapal salvage, yakni PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo 195 dan PRC Navy Ocean Salvage and Rescue Yong Xing Dao 863, sudah tiba di Perairan Bali pada Minggu (2/5/2021).

Satu kapal lainnya yaitu Scientific Salvage Tan Suo 2, sedang dalam perjalanan menuju Indonesia.

Selain 3 kapal China, TNI AL juga dibantu oleh kapal milik Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang akan mengoperasikan kapal Timas 1201.

Video Editor: Lisa Nurjannah

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:22
KRI JOHN LIE-358 TNI AL SELAMATKAN ABK KAPAL ASING YANG HILANG DI LAUT NATUNA   KETUA MPR: UPAYA DISKUSI MENYELESAIKAN PERSOALAN DI PAPUA TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SEJAK ERA PRESIDEN BJ HABIBIE   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO PERTANYAKAN ADANYA DORONGAN DISKUSI UNTUK MENGHENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA   POLDA SUMATERA UTARA ANCAM SANKSI TEGAS PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK DI POS PENYEKATAN PERBATASAN   PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG, BATAM, MASIH LAYANI PENUMPANG YANG PENUHI SYARAT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   DPMPTSP: DARI RIBUAN PENGAJUAN SIKM YANG DITERIMA, SEBANYAK 312 PERMOHONAN DITERBITKAN DAN 484 DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   HARI KETIGA LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PASAR SENEN TURUN 90 PERSEN   KETUA DPRD KOTA BOGOR ATANG TRISNANTO: LARANGAN MUDIK LOKAL JABODETABEK TIMBULKAN KEBINGUNGAN DI MASYARAKAT   KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KAWASAN MONAS, JAKPUS, DIPASTIKAN MASIH DITUTUP UNTUK WISATAWAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2021   POLISI: TERSANGKA PENYEBAR AJAKAN DEMO DI TOL MENGAKU HANYA TERUSKAN PESAN DARI GRUP WHATSAPP   POLISI TANGKAP TIGA ORANG YANG SEBARKAN AJAKAN DEMO DI JALAN TOL DEMI BISA MUDIK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.530: 3.577 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 764 DALAM PERAWATAN