Kompas TV nasional kompas petang

Presiden Jokowi: Transformasi Menuju Green Economy Harus Dimulai agar Bisa Bersaing di Pasar Global

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:56 WIB
presiden-jokowi-transformasi-menuju-green-economy-harus-dimulai-agar-bisa-bersaing-di-pasar-global
Presiden Joko Widodo pada Kamis (25/6/2020) pagi, bertolak menuju Jawa Timur. Ini adalah pertama kalinya Jokowi melakukan kunjungan kerja di masa new normal atau tatanan baru pandemi virus corona Covid-19 (Sumber: Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia harus mendapatkan manfaat dari perkembangan dunia yang mengarah ke ekonomi hijau atau dikenal dengan istilah green economy.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan arahan pada peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, (4/5/2021).

Menurut Jokowi, sebagai salah satu paru-paru terbesar dunia, Indonesia harus bisa memperoleh manfaat besar dari hutan tropis dan hutan mangrove yang dimiliki.

Baca Juga: Jokowi Sebut Rencana Kerja Pemerintah 2022 Masih Pulihkan Ekonomi dan Reformasi Struktural

"Oleh sebab itu, transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan harus dimulai. Green economy, green technology, dan green product harus diperkuat agar kita bisa bersaing di pasar global," kata Jokowi dikutip dari laman resmi Kementerian Sekertariat Negara, Selasa (4/5/2021).

Terkait hal itu, kata Jokowi, pemerintah telah merencanakan untuk membuat green industrial park yang rencananya akan disiapkan di Kalimantan Utara dengan memanfaatkan hydropower.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut pembangkit listrik tersebut akan menghasilkan energi hijau, baru terbarukan, dan akan disalurkan kepada kawasan indstri hijau sehingga muncul produk-produk hijau dari sana.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:40
POLRES JAKARTA SELATAN PERIKSA 12 SAKSI TERKAIT KONSER MUSIK ILEGAL DI CIBIS PARK, PASAR MINGGU, JAKSEL   MAJELIS HAKIM PENGADILAN NEGERI JAKARTA GUGURKAN GUGATAN KADER DEMOKRAT KUBU MOELDOKO   TNI AL: PENGANGKATAN BADAN KRI NANGGALA-402 TERGANTUNG KONDISI MEDAN   MUI IMBAU UMAT ISLAM DI ZONA MERAH PENYEBARAN COVID-19 TIDAK SALING BERKUNJUNG SAAT LEBARAN   KPK TETAPKAN ANGIN PRAYITNO SEBAGAI TERSANGKA DUGAAN SUAP PAJAK   KPK GELEDAH TIGA RUMAH DAN SITA SEJUMLAH BARANG MILIK AZIS SYAMSUDDIN TERKAIT DUGAAN KORUPSI   MAHKAMAH KONSTITUSI TOLAK UJI FORMIL UU KPK YANG DIAJUKAN EKS PIMPINAN KPK   SATGAS COVID-19: RIAU MENJADI PROVINSI TERTINGGI DENGAN PENAMBAHAN 718 KASUS BARU SELAMA SEPEKAN   MENTERI PERDAGANGAN RI SEBUT TIONGKOK AKAN BELI SARANG BURUNG WALET INDONESIA SENILAI RP 16 TRILIUN   KEMENKES: VARIAN VIRUS KORONA B1351 DIDUGA TURUNKAN EFIKASI VAKSIN   KEMENPUPR MENCATAT BELANJA INFRASTRUKTUR TELAH MENCAPAI RP 33,33 TRILIUN PER 28 APRIL 2021   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP HASIL MUSYAWARAH PEMBANGUNAN NASIONAL (MUSRENBANG) DAPAT PULIHKAN DAMPAK PANDEMI   PEMKOT MALANG BATAL GANDENG INVESTOR ASAL TIONGKOK UNTUK PROYEK PEMBANGUNAN MRT   PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA AKAN TUTUP TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH SELAMA LIBUR LEBARAN