Kompas TV advertorial

Wakil Rektor Unair: Pendidikan Pancasila Penting untuk Lawan Radikalisme Kampus

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:31 WIB
wakil-rektor-unair-pendidikan-pancasila-penting-untuk-lawan-radikalisme-kampus
Deklarasi Kader Inti Pancasila di Aula Garuda Mukti, Kampus C Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Minggu (2/5/2021). (Sumber: Dok. BPIP)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagai agen perubahan, civitas akademika memiliki peran fundamental menangkal praktik radikalisme di lingkungan kampus.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi di Aula Garuda Mukti, Kampus C Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Minggu (2/5/2021).

Dalam pidatonya, Yudian juga mengingatkan Sumpah Pemuda 1928 merupakan tonggak nasionalisme, menjadi titik transformasi dari era agama atau primordial menjadi kebangsaan hingga lahir kemerdekaan Indonesia.

"Pemuda motor perjuangan. Semua ilmu dari kampus. Bagaimana memaksimalkan semua potensi dari Tuhan," buka Yudian dihadapan para mahasiswa dan peserta daring.

Ia menggambarkan Pancasila sebagai mukjizat bagi bangsa Indonesia setelah Sumpah Pemuda yang telah merintis persatuan.

"Mengapa kita harus tunduk pada Pancasila? Salah satunya konsensus seluruh unsur mendirikan negara dengan musyawarah mufakat," tukas Yudian.

Baca Juga: Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Ingin Pelajar Berpegang Teguh pada Falsafah Pancasila

Penulis : Elva Rini





BERITA LAINNYA


Opini

SAE Nababan, Gus Dur, dan Orde Baru

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:07
OJK AKAN SANSKI KERAS PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG PENAGIH UTANGNYA MELANGGAR HUKUM   MULAI BESOK, PASAR TANAH ABANG JAKARTA TUTUP SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021 UNTUK LIBUR LEBARAN DAN PERAWATAN RUTIN   WALI KOTA BOBBY NASUTION INSTRUKSIKAN BANGUN TANGGUL UNTUK TANGANI BANJIR KAMPUNG NELAYAN   CEGAH PEMUDIK, POLISI AKAN LAKUKAN PENYEKATAN BERLAPIS MULAI DARI BEKASI HINGGA KARAWANG   KEMNAKER BERI LAMPU HIJAU UNTUK PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN KE TAIWAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH INDONESIA KIRIM BANTUAN 1.400 TABUNG OKSIGEN UNTUK INDIA   SATGAS COVID-19 YOGYAKARTA SEBUT 225 PEMUDIK YANG MASUK YOGYAKARTA AKAN DIISOLASI   PRIA DI JAKARTA MENINGGAL USAI DIVAKSIN, BPOM JAMIN KUALITAS DAN MUTU VAKSIN ASTRAZENECA SUDAH SESUAI WHO   SEBANYAK 1.211 PASIEN POSITIF COVID-19 DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN   WAGUB BANTEN ANDIKA HAZRUMY: KAWASAN PARIWISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE DITUTUP SELAMA PPKM MIKRO   KUNJUNGAN KE PASAR MAYESTIK, GUBERNUR ANIES BASWEDAN NILAI PASOKAN BAHAN PANGAN UNTUK DKI JAKARTA CUKUP DAN STABIL   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LARANG WARGA JAKARTA LAKSANAKAN KEGIATAN ZIARAH KUBUR PADA 12-16 MEI   KEMENAG GUNUNG KIDUL IZINKAN WARGA SHALAT IDUL FITRI DI LAPANGAN   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA YANG KONTAK DENGAN USTAZ TENGKU ZULKARNAIN UNTUK TES CEPAT