Kompas TV klik360 sinau

5 Cara Hindari Food Waste Agar Tak Lagi Membuang-buang Makanan

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:52 WIB

KOMPAS.TV - Sampah adalah masalah bagi setiap orang, karena setiap hari dihasilkan akibat aktivitas manusia.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tahun 2020 menunjukkan, total Produksi Sampah Nasional telah mencapai 67,8 juta ton.

Dari total jumlah tersebut, food waste atau sampah sisa makanan merupakan komposisi sampah yang paling banyak ditemukan yaitu sebanyak 30,8 persen.

Di tingkat rumah tangga, food waste terjadi antara lain karena terbuangnya sisa-sisa makanan yang berlebih atau tidak sempat mengolah bahan makanan.

Terlebih di bulan Ramadan, makanan yang disiapkan untuk sahur atau berbuka puasa bisa jadi tidak semuanya habis termakan, sehingga mengakibatkan makanan jadi terbuang.

Padahal, food waste berkontribusi terhadap perubahan iklim di Bumi akibat produksi gas metana ketika makanan mengalami proses pembusukan.

Bagaimana cara menghindari food waste?

1. Perkirakan porsi memasak

Pastikan porsi makanan yang akan dimasak nantinya juga akan habis untuk dimakan.

2. Menentukan rencana menu

Hal ini berguna untuk menentukan seberapa banyak bahan makanan yang harus dibeli, sehingga mengurangi kemungkinan bahan makanan yang membusuk atau tidak bisa lagi diolah dan dikonsumsi.

3. Merinci daftar belanja

Adanya daftar belanja membantu untuk tidak membeli bahan-bahan makanan di luar rencana, yang barangkali tidak sempat diolah.

4. Bagikan ke orang lain

Jika persediaan makanan terlalu banyak, tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian untuk dibagikan ke orang lain.

5. Manfaatkan jadi kompos

Jika benar-benar sudah tidak habis dimakan, sisa makanan bisa dijadikan kompos dengan menggunakan lubang kompos, tong komposter, atau membuat biopori di rumah.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:21
KURANG DARI 100 HARI OLIMPIADE TOKYO, JEPANG KEMBALI PERPANJANG MASA DARURAT COVID-19   PFIZER DONASIKAN VAKSIN COVID-19 BAGI ATLET DAN OFISIAL DI PERHELATAN OLIMPIADE TOKYO   ISIS KLAIM BERTANGGUNG JAWAB DALAM SERANGAN BOM TERHADAP KETUA PARLEMEN DAN MANTAN PRESIDEN MALADEWA, M NASHEED   DINKES NGANJUK, JATIM, SIAPKAN 2.000 ALAT TES CEPAT ANTIGEN UNTUK 3 POS PENYEKATAN LARANGAN MUDIK   MANAJEMEN PELAKSANA PROGRAM KARTU PRAKERJA PASTIKAN KUOTA GELOMBANG 17 AKAN TERSEDIA SEBANYAK 44.000 ORANG   WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI IMBAU MASYARAKAT SHALAT ID DI MASJID TERDEKAT DENGAN PROKES KETAT   DISDIK DKI PASTIKAN SELURUH PROSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2021 DILAKUKAN SECARA DARING   KEMENHUB: PELARANGAN MUDIK LEBARAN TETAP BERLAKU DI WILAYAH AGLOMERASI   KEMENAKER KERAHKAN PENGAWAS KETENAGAKERJAAN YANG BERADA DI PUSAT DAN DAERAH AWASI PELAKSANAAN PEMBAYARAN THR   MENAKER IDA FAUZIYAH MINTA PEMDA SANKSI TEGAS PELANGGAR ATURAN THR   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT POSKO THR KEAGAMAAN 2021 TERIMA 899 ADUAN THR   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS MENILAI SOAL DALAM TES WAWASAN KEBANGSAAN KPK TAK SESUAI DENGAN NILAI KEBANGSAAN   MA: HUKUMAN PENJARA DJOKO SUSILO TETAP 18 TAHUN PENJARA DENGAN DENDA RP 1 MILIAR   MA MINTA KPK KEMBALIKAN KELEBIHAN HASIL LELANG DAN BARANG BUKTI MILIK DJOKO SUSILO