Kompas TV bisnis ukm

Survei KIC: 82 Persen UMKM Pilih Shopee

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 16:19 WIB
survei-kic-82-persen-umkm-pilih-shopee
Ilustrasi belanja online di marketplace. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Shopee berhasil menempati posisi pertama platform penyumbang omzet terbesar yang membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertahan selama pandemi.

Rilis survei Katadata Insight Center (KIC) berjudul "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM" juga menyebutkan Shopee sebagai platform pilihan UMKM yang unggul dari sisi program promo hingga faktor keamanan transaksi.

Dalam survey tersebut, sebanyak 57 persen UMKM menjawab Shopee sebagai platform yang mendatangkan omzet atau nilai penjualan paling besar.

Di peringkat kedua ada Tokopedia dengan 28 persen, Lazada 6 persen, Bukalapak 3 persen, Blibli 2 persen, dan 3 persen dari marketplace lainnya.

Manajer Survei KIC Vivi Zabkie mengatakan, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi omzet di bisnis offline dan membuat pelaku usaha beralih membuka usaha online.

“Beberapa pelaku usaha bahkan menutup usaha offline, beralih ke online atau setidaknya memadukan penjualan offline dengan online,” kata Vivi dalam siaran resmi yang diterima KompasTV, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Pelatihan Membatik Bagi Pelaku UMKM Yang Terdampak Pandemi

Banyaknya program promo yang dihadirkan oleh platform seperti Shopee, membuat UMKM merasakan berbagai manfaat berjualan di marketplace. Program promo, seperti gratis ongkir, cashback dan diskon yang diberikan, ternyata sangat memberikan dampak untuk meningkatkan penjualan UMKM.

Sebanyak 89 persen UMKM pengguna mengaku merasakan dampak dari berbagai promo Shopee. Diikuti 45 persen pengguna Tokopedia, 17 persen pengguna Lazada, 12 persen pengguna Blibli, dan 11 persen pengguna Bukalapak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.