Kompas TV klik360 sinau

6 Fakta Vaksinasi Gotong Royong yang Dimulai Pekan Depan

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:30 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah skema untuk pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong telah disiapkan, mulai dari jenis vaksin, proses distribusi, hingga perizinan darurat dari BPOM.

Berikut sejumlah fakta seputar program Vaksinasi Gotong Royong:

1. Vaksin yang digunakan

Rencana vaksin yang akan dipakai dalam program Vaksin Gotong Royong adalah vaksin Sinopharm dari China, dan vaksin Moderna dari AS.

“Vaksin (Sinopharm) itu untuk Vaksinasi Gotong Royong. Untuk sistem pembagiannya akan dikoordinasi oleh Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) dan PT Bio Farma,” kata Jubir Kemenkes Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip dari Kompas.id, Minggu (1/5/2021).

2. Stok vaksin

Indonesia telah menerima setidaknya 982.400 dosis vaksin Sinopharm.

Sementara itu perusahaan vaksin Moderna berkomitmen menyediakan 5,2 juta dosis vaksin, ketersediaan dosis diprediksi akan dikirim mulai awal kuartal ketiga 2021.

3. Fasilitas kesehatan yang digunakan

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong akan dilakukan di fasilitas kesehatan swasta.

4. Peserta vaksinasi gotong royong

Sampai dengan 24 Maret 2021, sebanyak 17.387 perusahaan telah mendaftarkan 8,6 juta karyawan sebagai peserta program ini.

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong gratis bagi karyawan, seluruh biaya dan program vaksinasi ditanggung oleh perusahaan.

5. Jadwal pelaksanaan

Program Vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan pihak swasta direncanakan dapat dimulai pada tanggal 9 Mei 2021 mendatang.

6. Izin darurat vaksin Sinopharm

BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinopharm. Hal ini disampaikan Ketua BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers, Jumat (30/4/2021).

"Sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institut Biological Product, yang merupakan salah satu unit dari Sinopharm, yang merupakan anak perusahaan China National Biotech Group, Vaksin Sinopharm ini dengan platform inactivated virus atau virus yang dimatikan," kata Penny.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:40
4 DARI 103 WNI YANG DIPULANGKAN DARI TAWAU (MALAYSIA) KE NUNUKAN (KALTARA) POSITIF COVID-19   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP HASIL MUSRENBANG NASIONAL MENGARAH KE PEMULIHAN EKONOMI   SATGAS COVID-19: 900.000 DOSIS VAKSIN SINOPHARM DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PERINGATI HARI BURUH INTERNASIONAL, KEMENAKER DAN KEMENKES VAKSINASI 1.000 PEKERJA   PT KAI: KERETA JARAK JAUH HANYA UNTUK PERJALANAN MENDESAK ATAU UNTUK KEPENTINGAN NONMUDIK   DISHUB SLEMAN, DIY, JAGA KETAT JALAN DI PERBATASAN DAN JALUR ALTERNATIF SELAMA 24 JAM SAAT LARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19: MOBILITAS PENDUDUK KE PUSAT PERBELANJAAN NAIK DI 6 PROVINSI DALAM 3 PEKAN TERAKHIR   ANTISIPASI COVID-19, SURAT PEMKOT SURABAYA: MAL HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI KAPASITAS   SURAT EDARAN MENDAGRI: ASN DAN PEJABAT DILARANG GELAR "OPEN HOUSE" ATAU HALAL BIHALAL SAAT IDUL FITRI   WAKIL BUPATI NONAKTIF OGAN KOMERING ULU, SUMSEL, JOHAN ANUAR DIVONIS 8 TAHUN PENJARA ATAS KASUS KORUPSI LAHAN KUBURAN   KPK SITA SEJUMLAH BARANG DALAM PENGGELEDAHAN RUMAH PRIBADI WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI 3 LOKASI   KEMENPAN DAN RB SERTA BKN TIDAK TERLIBAT DALAM PROSES TES WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP 1.349 PEGAWAI KPK   JADI TERSANGKA, MANTAN DIREKTUR DITJEN PAJAK ANGIN PRAYITNO AJI DITAHAN KPK   1 DARI 6 TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP DALAM PEMERIKSAAN PAJAK ADALAH MANTAN DIREKTUR ANGIN PRAYITNO AJI