Kompas TV nasional berita utama

Tok! Mahkamah Konstitusi Tolak Uji Materiil UU No 19 Tahun 2019

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:37 WIB
tok-mahkamah-konstitusi-tolak-uji-materiil-uu-no-19-tahun-2019
Ilustrasi KPK (Sumber: TOTO SIHONO)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mahkamah Konstitusi menolak uji materiil Undang-undang No 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-undang No 30 tahun 2001 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap UUD RI 1945.

“Dalam provisi menolak permohonan provisi para pemohon, dalam pokok permohonan menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” baca Hakim Majelis Mahkamah Konsitusi, Selasa (4/5/2021).

Dalam pertimbangannya, hakim mengatakan dalil para pemohon yang pada pokoknya menyatakan UU 19/2019 tidak melalui prolegnas dan terjadi penyelundupan hukum adalah tidak beralasan menurut hukum.

Baca Juga: Peneliti ICW: Pemecatan Pegawai Tidak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan Merupakan Upaya Pelemahan KPK

Mahkamah Konstitusi juga menjawab dalil para pemohon soal adanya pelanggaran asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik dalam penyusunan undang-undang nomor 19 tahun 2019. Serta tidak adanya partisipasi baik dari masyarakat maupun lembaga atau institusi terkait.

“Mahkamah berpendapat berkenaan dengan asas kejelasan tujuan maka hal tersebut terlihat dari pendekatan umum yang telah menguraikan latar belakang maksud dan tujuan penyusunan undang-undang yang tujuannya bukan untuk memperlemah kewenangan KPK,” baca Hakim.

Sementara itu, untuk norma yang berkenaan dengan pembentukan dewan pengawas, pemberian kewenangan penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Opini

SAE Nababan, Gus Dur, dan Orde Baru

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:21
WHO IZINKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT   LAMA TAK TERLIHAT DI DEPAN PUBLIK, PENDIRI ALIBABA DAN ANT GROUP JACK MA KUNJUNGI KANTORNYA DI HANGZHOU, TIONGKOK   KEMENAKER SIAP BUKA KEMBALI PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE TAIWAN SEMBARI PERHATIKAN ANGKA KASUS COVID-19   MENPERIN SEBUT HALAL MODERN VALLEY DI CIKANDE, BANTEN, JADI KLASTER INDUSTRI HALAL TERBESAR RI   LIBUR LEBARAN, PENYALURAN INSENTIF PRAKERJA DIHENTIKAN SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021   PLN PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN NTT SUDAH PULIH 100% SETELAH 4.002 GARDU YANG TERDAMPAK BADAI SEROJA DIPERBAIKI   PEMKAB JEMBER PERBOLEHKAN WARGA DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT ID DI MASJID/MUSHALA DENGAN KAPASITAS 50%   MANTAN JUBIR FPI SLAMET MAARIF JADI SAKSI KASUS BERITA BOHONG HASIL TES USAP RIZEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DI JAKARTA SELATAN BUAT LINGKARAN KHUSUS UNTUK PIKNIK GUNA ANTISIPASI KERUMUNAN   MASJID ISTIQLAL JAKARTA BATAL GELAR SHALAT ID TAHUN INI KARENA MASIH PANDEMI KORONA   SAAT LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021, MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00–21.00 WIB DENGAN JARAK ANTARKERETA 10 MENIT   DISHUB DKI JAKARTA SEBUT JAM OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM BERUBAH SELAMA LIBUR LEBARAN   KPK EKSEKUSI PENYUAP MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO, SUHARJITO, KE LAPAS CIBINONG, BOGOR   JADI TERSANGKA DUGAAN KORUPSI JUAL-BELI JABATAN, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITAHAN DI RUTAN BARESKRIM