Kompas TV nasional berita utama

Tok! Mahkamah Konstitusi Tolak Uji Materiil UU No 19 Tahun 2019

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:37 WIB
tok-mahkamah-konstitusi-tolak-uji-materiil-uu-no-19-tahun-2019
Ilustrasi KPK (Sumber: TOTO SIHONO)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mahkamah Konstitusi menolak uji materiil Undang-undang No 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-undang No 30 tahun 2001 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap UUD RI 1945.

“Dalam provisi menolak permohonan provisi para pemohon, dalam pokok permohonan menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” baca Hakim Majelis Mahkamah Konsitusi, Selasa (4/5/2021).

Dalam pertimbangannya, hakim mengatakan dalil para pemohon yang pada pokoknya menyatakan UU 19/2019 tidak melalui prolegnas dan terjadi penyelundupan hukum adalah tidak beralasan menurut hukum.

Baca Juga: Peneliti ICW: Pemecatan Pegawai Tidak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan Merupakan Upaya Pelemahan KPK

Mahkamah Konstitusi juga menjawab dalil para pemohon soal adanya pelanggaran asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik dalam penyusunan undang-undang nomor 19 tahun 2019. Serta tidak adanya partisipasi baik dari masyarakat maupun lembaga atau institusi terkait.

“Mahkamah berpendapat berkenaan dengan asas kejelasan tujuan maka hal tersebut terlihat dari pendekatan umum yang telah menguraikan latar belakang maksud dan tujuan penyusunan undang-undang yang tujuannya bukan untuk memperlemah kewenangan KPK,” baca Hakim.

Sementara itu, untuk norma yang berkenaan dengan pembentukan dewan pengawas, pemberian kewenangan penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:25
POLISI BURU SATU BURONAN ATAS KEPEMILIKAN SENJATA API DI KAMPUNG AMBON, JAKBAR   KADISDIK DKI JAKARTA: SELURUH PROSES PPDB TAHUN AJARAN BARU 2021/2022 DILAKSANAKAN SECARA DARING   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI MINTA MASYARAKAT BERHATI-HATI TERKAIT PERMINTAAN DANA YANG MENGATASNAMAKAN KPK   KOMNAS PEREMPUAN MINTA AKSES LANGSUNG KE BKN UNTUK KAJI PERTANYAAN TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) KPK   JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA TURUN HINGGA 90 PERSEN SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   WAKIL KETUA DPR MUHAIMIN ISKANDAR MINTA PEMERINTAH TOLAK SEMUA WNA YANG MASUK KE INDONESIA DI TENGAH LARANGAN MUDIK   SATPOL PP DKI IMBAU PARA PEDAGANG PASAR TANAH ABANG TAK BERJUALAN DI ATAS TROTOAR JALAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA JAKPUS DHANY SUKMA MEMPREDIKSI JELANG LEBARAN PASAR TANAH ABANG AKAN SEMAKIN BANYAK PENGUNJUNG   KEMENKES: PEMBAYARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH DALAM PROSES   CEGAH KLASTER BARU COVID-19, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH LARANG KERUMUNAN JELANG LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN LOKASI WISATA DI WILAYAH ZONA MERAH HARUS DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA PENYEKATAN MUDIK JELANG LEBARAN DIPERKETAT   KEMENKES: SEBANYAK 1.499.707 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS PERTAMA DAN 1.364.543 DOSIS KEDUA   KEMENKES: HINGGA 9 MEI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.634.546 ORANG