Kompas TV nasional politik

Survei Indikator Elektabilitas Bursa Calon Presiden: Ganjar Tertinggi, Disusul Anies, lalu Prabowo

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:36 WIB
survei-indikator-elektabilitas-bursa-calon-presiden-ganjar-tertinggi-disusul-anies-lalu-prabowo
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei nasional yang dilaksanakan pada 13 - 17 April 2021 oleh Indikator Politik Indonesia mununjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling tinggi pada burca calon presiden mendatang, yakni sebesar 15,7 persen. 

"Setelah Ganjar disusul dengan Anies Baswedan (14,6 persen), dan Prabowo Subianto (11,1 persen)," jelas Burhanuddin Muhtadi selaku Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia pada rilis hasil survei yang dilangsungkan secara daring, Selasa (4/5/2021). 

Setelah ketiga nama tersebut ada beberapa nama lain seperti Ridwan Kamil (10 persen), Sandiaga Uno (8,1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (6,4 persen), Puan Maharani (2,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (2,8 persen), Airlangga Hartanto (1 persen). 

Selanjutnya ada Gatot Nurmantyo, M. Mahfud MD, Erick Thohir, Tito Karnavian, Ma'ruf Amin, Bambang Soesatyo, dan Muhaimin Iskandar yang masing-masing memperoleh angka di bawah satu persen. 

"Ini masih sangat terbuka untuk 3 tahun ke depan, karena yang berada di peringkat 5 besar sekalipun jumlah suaranya tidak dominan, setiap orang perlu bekerja sebaik mungkin dengan amanah masing-masing yang disandang," kata Burhanuddin. 

Tren elektabilitas calon sendiri cenderung stabil dengan nama Prabowo Subianto yang menempati posisi pertama pada kedikenalan tokoh yakni sebesar 96 persen. 

Disusul oleh Sandiaga Uno (83 persen), Anies Baswedan (81 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (66 persen), Ridwan Kamil (62 persen), Puan Maharani (61 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Mahfud MD (49 persen), Khofifah I. P. (48 persen), Erick Thohir (42 persen), Moeldoko (30 persen) dan Airlangga Hartanto (26 persen). 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:15
OJK AKAN SANSKI KERAS PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG PENAGIH UTANGNYA MELANGGAR HUKUM   MULAI BESOK, PASAR TANAH ABANG JAKARTA TUTUP SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021 UNTUK LIBUR LEBARAN DAN PERAWATAN RUTIN   WALI KOTA BOBBY NASUTION INSTRUKSIKAN BANGUN TANGGUL UNTUK TANGANI BANJIR KAMPUNG NELAYAN   CEGAH PEMUDIK, POLISI AKAN LAKUKAN PENYEKATAN BERLAPIS MULAI DARI BEKASI HINGGA KARAWANG   KEMNAKER BERI LAMPU HIJAU UNTUK PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN KE TAIWAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH INDONESIA KIRIM BANTUAN 1.400 TABUNG OKSIGEN UNTUK INDIA   SATGAS COVID-19 YOGYAKARTA SEBUT 225 PEMUDIK YANG MASUK YOGYAKARTA AKAN DIISOLASI   PRIA DI JAKARTA MENINGGAL USAI DIVAKSIN, BPOM JAMIN KUALITAS DAN MUTU VAKSIN ASTRAZENECA SUDAH SESUAI WHO   SEBANYAK 1.211 PASIEN POSITIF COVID-19 DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN   WAGUB BANTEN ANDIKA HAZRUMY: KAWASAN PARIWISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE DITUTUP SELAMA PPKM MIKRO   KUNJUNGAN KE PASAR MAYESTIK, GUBERNUR ANIES BASWEDAN NILAI PASOKAN BAHAN PANGAN UNTUK DKI JAKARTA CUKUP DAN STABIL   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LARANG WARGA JAKARTA LAKSANAKAN KEGIATAN ZIARAH KUBUR PADA 12-16 MEI   KEMENAG GUNUNG KIDUL IZINKAN WARGA SHALAT IDUL FITRI DI LAPANGAN   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA YANG KONTAK DENGAN USTAZ TENGKU ZULKARNAIN UNTUK TES CEPAT