Kompas TV nasional update

Klarifikasi Mantan Komandan KRI Nanggala 402: Masih Mau Berdinas di Kapal Selam, Cinta Satuan Kami

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 15:44 WIB
klarifikasi-mantan-komandan-kri-nanggala-402-masih-mau-berdinas-di-kapal-selam-cinta-satuan-kami
Mantan Komandan KRI Nanggala 402 Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa memberikan klarifikasi soal kondisi dirinya dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021). (Sumber: Youtube TNI AL via KompasTV)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Komandan KRI Nanggala 402 Kolonel Laut (P), Iwa Kartiwa, memberikan klarifikasi soal kondisi dirinya. Sebelumnya, ibu dan kakak Iwa menyebut dirinya sakit hingga hanya bisa terbaring sakit.

Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II ini mengaku masih bisa beraktivitas terbatas, walau sakit.

“Ada pernyataan tentang kondisi saya yang terbaring sakit tidak bisa berbicara, hanya bisa di tempat tidur. Saya sampaikan pada media, saya seperti ini. Kalau dikatakan sakit, saya masih bisa beraktivitas, biar pun terbatas,” ujar Iwa dalam jumpa pers yang tersiar di akun Youtube TNI Angkatan Laut, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Asrena KSAL: Sakit Kolonel Iwa Kartiwa Bukan Karena Radiasi Zat Merkuri

Iwa juga mengaku masih sanggup berangkat ke Jakarta dari Taksimalaya, Jawa Barat, tanpa perlu bantuan tenaga kesehatan.

“Dari Tasik saya tidak pakai ambulans, saya dengan kendaraan pribadi. Saya ikthiar kesehatan untuk saya pribadi.” kata Iwa.

Ia pun mengatakan telah berpengalaman lama bekerja di kapal selam. Sambil mengenang pengalaman dengan rekan-rekannya, Iwa berusaha menahan tangis.

"Saya berdinas di kapal selam sejak dari letnan dua, letnan satu, kapten, mayor bersama teman-teman saya," tuturnya.

Menurutnya, tak semua personil TNI AL terkena dampak serbuk besi saat bertugas di kapal selam. Iwa menyebut sakitnya sebagai akibat kurang disiplin.

"Ada pun radiasi, buktinya beliau (Asrena KSAL Laksamana Muda Muhammad Ali) yang berlayar dengan kami masih sehat. Kondisi saat ini, sejak lama mungkin karena kami kurang disiplin," ucapnya.

Adik mantan Kapolda Jawa Barat Irjen (Purn) Anton Charliyan itu juga mengaku, sakitnya bukan karena terlalu lama bekerja di kapal selam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.