Kompas TV regional berita daerah

Covid-19 Kluster Sekolah Muncul, Jambi Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:29 WIB
covid-19-kluster-sekolah-muncul-jambi-hentikan-pembelajaran-tatap-muka
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cianjur meninjau simulasi pembelajaran tatap muka di dalam kelas yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Cianjur. (Sumber: KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

JAMBI, KOMPAS.TV – Pembelajararan tatap  muka (PTM) di Jambi yang baru berjalan dua bulan menimbulkan kluster-kluster baru Covid-19. PTM tersebut dilakukan dari tingkat SMA sejak pertengah Februari, dan SD-SMP mulai Maret.

Melansir dari laman Kompas.id, Selasa (4/5/2021), juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan, PTM yang dimulai pertengahan Februari lalu sebenarnya telah dilakukan dengan persiapan yang matang dan telah melalui simulasi. Sekolah-sekolah juga telah dicek kelayakan alat penunjang protokol kesehatannya.

Tak hanya itu, sebelum uji coba PTM digelar, dinas pendidikan juga telah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk dapat memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk mendukung protokol kesehatan yang ketat selama berlangsungnya PTM.

Bahkan, siswa juga diberikan kesempatan memilih PTM atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk siswa yang memilih PTM diwajibkan mengikuti tes usap antigen terlebih dahulu. Jika negatif, mereka dapat mengikuti PTM.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah Mulai Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Sayangnya, Johansyah mengakui masih ada sejumlah celah yang akhirnya menimbulkan merebaknya kluster sekolah. Pada akhir Maret ternyata Covid-19 menjangkit 56 siswa dan guru di SMA Titian Teras, Kabupaten Muaro Jambi.

Pembelajaran tatap muka yang baru berjalan dua pekan di sekolah itu pun langsung dihentikan dan saat ini masih menerapkan belajar daring.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:05
MENTERI PERHUBUNGAN JELASKAN PENGENDALIAN TRANSPORTASI JELANG LEBARAN HINGGA HARI INI BERJALAN DENGAN BAIK   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: DARI EVALUASI SEMENTARA, PERGERAKAN PENUMPANG JELANG LEBARAN TURUN SIGNIFIKAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT 99 PERSEN WARGA JABAR TIDAK MUDIK LEBARAN   MENPERIN AGUS GUMIWANG: PEMERINTAH BERKOMITMEN UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI HALAL   MENSOS TRI RISMAHARINI: APLIKASI E-PERFORMANCE DAPAT BANTU UKUR PRODUKTIVITAS KERJA ASN DAN INSTITUSI TERKAIT   KEMENSOS RI AKAN TERAPKAN PENILAIAN KINERJA ASN DENGAN APLIKASI E-PERFORMANCE   PEMERINTAH INDONESIA DESAK DEWAN KEAMANAN PBB AMBIL TINDAKAN ATAS PELANGGARAN YANG DILAKUKAN ISRAEL   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGUTUK PENGUSIRAN WARGA PALESTINA OLEH ISRAEL   DISDIK DKI JAKARTA: SISTEM ZONASI PPDB DKI JAKARTA 2021 UTAMAKAN CALON SISWA DI SATU LINGKUNGAN RT DAN RW   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: JABODETABEK SEPAKAT ANJURKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: SEBANYAK 4.891 ORANG POSITIF, 6.338 SEMBUH, DAN 206 MENINGGAL DUNIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN FASILITAS RS DI INDONESIA SIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19   KOMISI IX DPR MINTA PEMERINTAH JELASKAN PENYEBAB PRIA YANG MENINGGAL SEUSAI DISUNTIK VAKSIN ASTRAZENECA   ISTANA NEGARA TEGASKAN PRESIDEN JOKOWI TIDAK MUDIK LEBARAN TAHUN INI