Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Planet Venus, Si Bintang Kejora Kembaran Bumi

Selasa, 4 Mei 2021 | 15:30 WIB

KOMPAS.TV - Di antara planet-planet lainnya di tata surya, Bumi merupakan planet yang dapat dihuni manusia.

Namun ternyata, ada satu planet lain di tata surya yang disebut sebagai kembaran Bumi, yaitu planet Venus.

Planet Venus adalah benda kedua paling terang yang ada di langit malam, setelah bulan. Sehingga untuk melihat planet venus tidak perlu bantuan teleskop.

Planet ini dikenal juga dengan sebutan bintang kejora, bintang fajar, atau bintang senja.

Disebut bintang kejora karena planet Venus terlihat paling terang dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya.

Nama Venus sendiri diambil dari Dewi Cinta dalam mitologi Yunani. Planet Venus termasuk kategori planet dalam, bersama dengan Bumi dan Merkurius.

Venus memiliki ukuran, massa, materi, dan kepadatan yang hampir sama dengan Bumi.

Diameter planet Venus sekitar 7.521 mil atau 12.104 kilometer.

Planet Venus memiliki selubung batuan keras yang mirip seperti tanah di bumi.

Hal yang membedakan dengan Bumi adalah planet Venus memiliki atmosfer berupa awan tebal yang panas dan beracun.

Suhu permukaan rata-rata di Venus mencapai 867 derajat Fahrenheit atau 464 derajat Celsius.

Sebagian besar planet tersebut terdiri dari daratan yang bergelombang. Ada juga beberapa daerahnya dengan dataran rendah dan dua dataran tinggi disebut Ishtar Terra (seluas Australia) dan Aphrodite Terra (seluas Amerika Selatan).(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:08
WHO IZINKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT   LAMA TAK TERLIHAT DI DEPAN PUBLIK, PENDIRI ALIBABA DAN ANT GROUP JACK MA KUNJUNGI KANTORNYA DI HANGZHOU, TIONGKOK   KEMENAKER SIAP BUKA KEMBALI PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE TAIWAN SEMBARI PERHATIKAN ANGKA KASUS COVID-19   MENPERIN SEBUT HALAL MODERN VALLEY DI CIKANDE, BANTEN, JADI KLASTER INDUSTRI HALAL TERBESAR RI   LIBUR LEBARAN, PENYALURAN INSENTIF PRAKERJA DIHENTIKAN SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021   PLN PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN NTT SUDAH PULIH 100% SETELAH 4.002 GARDU YANG TERDAMPAK BADAI SEROJA DIPERBAIKI   PEMKAB JEMBER PERBOLEHKAN WARGA DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT ID DI MASJID/MUSHALA DENGAN KAPASITAS 50%   MANTAN JUBIR FPI SLAMET MAARIF JADI SAKSI KASUS BERITA BOHONG HASIL TES USAP RIZEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DI JAKARTA SELATAN BUAT LINGKARAN KHUSUS UNTUK PIKNIK GUNA ANTISIPASI KERUMUNAN   MASJID ISTIQLAL JAKARTA BATAL GELAR SHALAT ID TAHUN INI KARENA MASIH PANDEMI KORONA   SAAT LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021, MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00–21.00 WIB DENGAN JARAK ANTARKERETA 10 MENIT   DISHUB DKI JAKARTA SEBUT JAM OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM BERUBAH SELAMA LIBUR LEBARAN   KPK EKSEKUSI PENYUAP MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO, SUHARJITO, KE LAPAS CIBINONG, BOGOR   JADI TERSANGKA DUGAAN KORUPSI JUAL-BELI JABATAN, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITAHAN DI RUTAN BARESKRIM