Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Komoditas Pangan jadi Faktor Utama Pendorong Inflasi April 2021

Selasa, 4 Mei 2021 | 15:51 WIB
komoditas-pangan-jadi-faktor-utama-pendorong-inflasi-april-2021
Ilustrasi belanja online dimana pemerintah sudah menyiapkan Rp 500 miliar untuk subsidi ongkos kirim saat Harbolnas Lebaran. (Sumber: shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tercatat laju inflasi dan indeks harga konsumen bulanan pada April 2021 lebih tinggi dibanding dengan Januari-Maret 2021 yang cenderung turun. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh pola belanja makanan dan minuman selama Ramadhan.

Badan Pusat Statistik mencatat, inflasi pada April 2021 mencapai 0,13 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara inflasi bulanan pada Januari-Maret 2021 masing-masing 0,26 persen, 0,1 persen, dan 0,08 persen.

Secara akumulatif, inflasi sepanjang Januari-April 2021 mencapai 0,58 persen.

Berdasarkan keterangan dari Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Setianto, dalam konferensi pers, Senin (3/5/2021), menyebutkan tren konsumsi masyarakat selama Ramadhan mempengaruhi inflasi April 2021.

“Ada sejumlah produk khas yang banyak dikonsumsi masyarakat untuk sahur dan berbuka, seperti buah-buahan dan bahan makanan lainnya,” ujarnya, dilansir dari laman Kompas.id (3/5/2021).

Berdasarkan pengeluaran masyarakat pada kategori makanan, minuman, dan tembakau mengambil andil inflasi tertinggi, yakni 0,05 persen. Inflasi pada kategori ini mencapai 0,2 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Inflasi April 0,13 Persen, Kenaikan Harga Daging Ayam Ras jadi Penyumbang Terbesar

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:14
OJK AKAN SANSKI KERAS PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG PENAGIH UTANGNYA MELANGGAR HUKUM   MULAI BESOK, PASAR TANAH ABANG JAKARTA TUTUP SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021 UNTUK LIBUR LEBARAN DAN PERAWATAN RUTIN   WALI KOTA BOBBY NASUTION INSTRUKSIKAN BANGUN TANGGUL UNTUK TANGANI BANJIR KAMPUNG NELAYAN   CEGAH PEMUDIK, POLISI AKAN LAKUKAN PENYEKATAN BERLAPIS MULAI DARI BEKASI HINGGA KARAWANG   KEMNAKER BERI LAMPU HIJAU UNTUK PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN KE TAIWAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH INDONESIA KIRIM BANTUAN 1.400 TABUNG OKSIGEN UNTUK INDIA   SATGAS COVID-19 YOGYAKARTA SEBUT 225 PEMUDIK YANG MASUK YOGYAKARTA AKAN DIISOLASI   PRIA DI JAKARTA MENINGGAL USAI DIVAKSIN, BPOM JAMIN KUALITAS DAN MUTU VAKSIN ASTRAZENECA SUDAH SESUAI WHO   SEBANYAK 1.211 PASIEN POSITIF COVID-19 DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN   WAGUB BANTEN ANDIKA HAZRUMY: KAWASAN PARIWISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE DITUTUP SELAMA PPKM MIKRO   KUNJUNGAN KE PASAR MAYESTIK, GUBERNUR ANIES BASWEDAN NILAI PASOKAN BAHAN PANGAN UNTUK DKI JAKARTA CUKUP DAN STABIL   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LARANG WARGA JAKARTA LAKSANAKAN KEGIATAN ZIARAH KUBUR PADA 12-16 MEI   KEMENAG GUNUNG KIDUL IZINKAN WARGA SHALAT IDUL FITRI DI LAPANGAN   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA YANG KONTAK DENGAN USTAZ TENGKU ZULKARNAIN UNTUK TES CEPAT