Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Super Air Jet, Maskapai Penerbangan Baru Asli Indonesia yang Targetkan Penumpang Anak Muda

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 09:00 WIB
super-air-jet-maskapai-penerbangan-baru-asli-indonesia-yang-targetkan-penumpang-anak-muda
Kru dan pesawat Super Air Jet (Sumber: Instagram @superairjet) 
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV– Dalam waktu dekat, akan ada maskapai penerbangan baru di Indonesia, yaitu Super Air Jet.

Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan fase bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan.

“Super Air Jet didirikan atas dasar optimis bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” kata Ari dalam keterangan resminya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (04/05/2021).

Baca Juga: Ada Penerbangan Lion Air Rute Wuhan-Jakarta, Kemenhub: Memenuhi Syarat Keimigrasian dan Kesehatan

Ari Azhari menjelaskan, fokus utama maskapai ini adalah menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik.

Kemudian nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional. Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus 320- 200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Super Air Jet juga menyasar calon penumpang dari kalangan anak muda, yang membutuhkan penerbangan murah untuk keperluan bisnis hingga wisata.

Baca Juga: Varian Covid-19 India Telah Capai Malaysia, Berasal dari Pemeriksaan di Bandara Kuala Lumpur

"Segmen 'kawula muda' akan terus tumbuh pesat dan Super Air Jet bersiap untuk meraih pasar itu melalui konsep 'super cost' yakni menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat, sehingga lebih terjangkau,” ujarnya.

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021. Maskapai ini telah memiliki kode penerbangan “IU” dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan “SJV” dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

Ari menegaskan, Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan swasta baru kategori layanan pengangkutan penumpang berjadwal harian yang berasal dari Indonesia dan sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal orang lokal (dalam negeri).

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Maskapai Kembalikan Penuh Uang Tiket Calon Penumpang saat Masa Larangan Mudik

Ari Azhari sendiri tercatat pernah memegang jabatan penting di maskapai Lion Air sebagai General Manager Service Lion Group. Namun , Super Air Jet bukanlah bagian maupun anak usaha dari Lion Group.

Mengutip dari Kompas.com, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut bahwa Super Air Jet berbeda atau terpisah dengan Lion Group.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.